pesonadieng.com

5 Wisata Goa di Tuban, Ada yang Punya Fosil Hewan Laut

Goa Putri Asih di Tuban
Lihat Foto

Kabupaten Tuban, Jawa Timur memiliki banyak goa yang dijadikan tempat wisata.

Terdapat banyak goa yang terkenal, seperti Goa Akbar, Goa Putri Asih, Goa Kancing, dan Goa Ngerong.

Saat berkunjung ke sana, tak ada salahnya jika kamu coba mengunjungi satu dari beberapa goa berikut yang sudah rangkum berikut ini dari berbagai sumber.

1. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih terletak di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Tuban, Jawa Timur. Goa ini terletak agak jauh dari pusat Tuban, yakni sekitar 29 kilometer (km).

Namun sesampainya di sana, kamu akan disuguhi keindahan goa tersebut. Sepanjang jalan masuk goa yang cukup sempit, kamu akan disuguhi stalagtit dan stalakmit yang indah berwarna agak kemerahan.

Baca juga: 7 Wisata Pantai di Tuban yang Buka

Di bagian dalam goa, kamu bisa melihat cave pearl atau mutiara goa, ornamen yang terbentuk secara alami saat kerikil terselimuti mineral kalsit pada lantai goa.

Area cave pearl akan tampak berpendar cantik saat terkena cahaya. Orang-orang kerap menyebut hal tersebut sebagai cahaya surga.

Goa Putri Asih buka setiap hari pukul 08.00–16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

2. Goa Kancing

Goa Kancing merupakan lubang mirip sumur dengan kedalaman sekitar lima meter. Di bagian sampingnya, terdapat cekungan yang tak terlalu dalam.

Namun, pesonanya bukan ada pada lubang tersebut, melainkan pada dua tebing batu yang berdiri kokoh tepat di atas mulut goa.

Goa Kancing di TubanDok. disparbudpora.tubankab.go.id Goa Kancing di Tuban

Tebing-tebing tersebut begitu menarik dan terlihat begitu megah. Seringkali wisatawan memanfaatkannya sebagai latar belakang berfoto.

Di sekitar tebing dan goa juga terdapat bukit hijau yang membuat suasana tempat ini cukup sejuk. Wisatawan juga sering datang ke sini untuk menikmati momen sunrise dan sunset.

Goa Kancing terletak di Desa Jarum, Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Goa ini buka setiap hari pukul 05.30–18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000.

3. Goa Ngerong

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat