pesonadieng.com

20 Tempat Wisata di Sukabumi, Main ke Curug hingga Mandi Air Panas

Curug Cikaso, Kabupaten Sukabumi. Salah satu tempat wisata di Sukabumi.
Lihat Foto

- Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyimpan banyak obyek wisata yang menjadi incaran wisatawan. Mayoritas destinasinya berupa wisata alam mulai dari pantai, air terjun, perbukitan, goa, dan lainnya.

Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi. Sementara, jarak dari DKI Jakarta sekitar 115 kilometer (km) dengan waktu tempuh tiga-empat jam menggunakan kendaraan pribadi.

Berikut rekomendasi 20 wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga:

Tempat wisata di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi memiliki jajaran pantai indah, khususnya di wilayah Pelabuhan Ratu. Berikut obyek wisata pantai di Sukabumi yang tersohor di kalangan wisatawan.

1. Pantai Citepus

Pantai Citepus, salah satu tempat wisata di Sukabumi.Shutterstock/Jamaludin Yusup Pantai Citepus, salah satu tempat wisata di Sukabumi.

Pantai Citepus merupakan pantai yang berada di kawasan Pelabuhan Ratu. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya cukup strategis yakni di pinggir Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, seperti dikutip (05/02/2022).

Ombaknya cukup besar, sehingga ada batasan renang bagi pengunjung. Jika kamu berkunjung ke Pantai Citepus, jangan lewatkan panorama matahari terbenamnya.

Baca juga: Keliling Sukabumi Naik Bus Si Ratu, Bisa Lihat Panorama Pantai

2. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu, Cisolok, salah satu tempat wisata di Sukabumi./BUDIYANTO Pantai Karang Hawu, Cisolok, salah satu tempat wisata di Sukabumi.

Pantai selanjutnya yang masih berada di kawasan Pelabuhan Ratu adalah Pantai Karang Hawu. Hawu berasal dari bahasa Sunda yang berarti tungku atau alat masak tradisional, seperti dikutip dari (5/2/2022)

Pantai ini dinamakan Karang Hawu karena di pantai ini terdapat sebuah karang yang berlubang sehingga bentuknya mirip seperti tungku.

Baca juga: Pantai Karang Hawu Sukabumi, Jadi Instagramable Setelah Revitalisasi

Ciri khas pantai ini adalah bebatuan karang yang menjorok ke laut. Namun, wisatawan harus berhati-hati karena ombak di Pantai Karang Hawu cukup besar.

3. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja juga masih berada di kawasan Pelabuhan Ratu. Pantai ini merupakan kawasan favorit para peselancar (surfing) lantaran memiliki ombak tinggi mencapai 3 hingga 4 meter.

Tak heran, kerap digelar kompetisi selancar tingkat nasional maupun internasional di kawasan ini. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Cimaja adalah musim kemarau.

Baca juga: Pantai Karang Hawu Sukabumi, Jadi Instagramable Setelah Revitalisasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat