pesonadieng.com

Museum Benteng Vredeburg Pamerkan Koleksi Sejarah di Gunungkidul

Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta DOK. Shutterstock/HariPrasetyo
Lihat Foto

YOGYAKARTA, - Museum Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar program Museum Masuk Desa bertajuk Pekik Merdeka dari Bumi Handayani, pada 24-28 Agustus 2022 di Kantor Kalurahan Ngleri, Kabupaten Gunungkidul.

Acara tersebut merupakan salah satu upaya mendorong masyarakat untuk mencintai museum.

Baca juga:

Dalam acara ini, beberapa koleksi museum dibawa ke lokasi acara, di antaranya benda realia (asli) bersejarah pada masa revolusi fisik 1945-1949.

Ada pula pameran sejarah terkait peran tentara, pemuda, pelajar, petani/rakyat, dan perempuan dalam perjuangan mempertahankan kedaulatan negara. 

Selain itu juga dihadirkan permainan virtual bertema sejarah, sehingga pengunjung bisa ikut merasakan suasana perang saat itu. Bahkan Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto sempat mencoba permainan itu.

Koleksi Benteng Vredeburg dibawa dalam program Museum Masuk desa di Kalurahan Ngleri, Playen, Gunungkidul. Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mencoba permainan sejarah VirtualKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Koleksi Benteng Vredeburg dibawa dalam program Museum Masuk desa di Kalurahan Ngleri, Playen, Gunungkidul. Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mencoba permainan sejarah Virtual

"Sempat mencoba, barangkali momentum yang baik. Edukasi terutama anak kecil yang kecanduan gadget (gawai). Saya kira ini bisa direplikasi, dibangun permainan edukasi di anak didik kita (yang) luar biasa. Ini permainan bernuansa sejarah, religi, membawa memori yang baik anak-anak kita," kata Heri, Rabu (24/8/2022).

Baca juga: Sejarah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Berdiri Kokoh sejak 1760

Sementara itu, salah seorang pelajar yang datang, Dinda dari SD IV Ngleri, mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai pameran tersebut. Selain untuk belajar sejarah, ia bisa bermain bersama teman-temannya.

"Senang belajar sejarah, apalagi ini langsung melihat," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat