pesonadieng.com

Tjong A Fie Mansion Medan Ramai Dikunjungi Turis Asing Jelang Imlek

Sebuah sudut Tjong A Fie Mansion atau Rumah Tjong A Fie di Medan.
Lihat Foto

- Tjong A Fie Mansion atau Rumah Tjong A Fie di Medan ramai dikunjungi turis asing jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Dikutip dari Tribun Medan, beberapa turis asing tampak datang secara rombongan ke bangunan megah peninggalan wali kota pertama untuk komunitas China di Medan, Tjong A Fie.

Baca juga: Dari Daratan Tiongkok ke Kota Medan, Tjong A Fie Sang Dermawan...

Terlihat mereka mengelilingi hampir seluruh sudut bangunan cagar budaya itu sambil melihat barang-barang peninggalan dari keluarga Tjong A Fie.

"Wisatawan mancanegara yang datang secara rombongan itu berasal dari Negara Jerman yang saat ini kapal pesiar mereka sedang bersandar di pelabuhan Belawan," ujar petugas di Museum Tjong A Fie, Anggi kepada Tribun Medan, Selasa (17/1/2023).

Baca juga:

Anggi menambahkan, turis-turis asing tersebut berjumlah 400 orang dan terbagi menjadi tiga kelompok.

"Tapi yang datang pertama tadi hanya 120 orang dan nanti yang lainnya akan menyusul ke sini, karena mereka juga mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Medan," kata dia.

Perayaan Imlek sederhana

Untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2023, keluarga Tjong A Fie hanya melakukan perayaan sederhana.

Salah satu sudut menarik di dalam Tjong A Fie Mansion.SHUTTERSTOCK/nizar kauzar Salah satu sudut menarik di dalam Tjong A Fie Mansion.

Ini termasuk memasang lampion di sepanjang Jalan Ahmad Yani menuju Tjong A Fie Mansion, serta dekorasi di beberapa ruangan.

"Tahun ini kami hanya melakukan sembahyang pada malam Tahun Baru Imlek di pukul 00.00 WIB," ujar Tjong Njie Mie, cucu bungsu dari Tjong A Fie.

Baca juga:

Keluarga Tjong A Fie biasanya beribadah di tempat sembahyang mereka sendiri yang terletak tepat di jantung rumah, bersebelahan dengan ruang tidur Tjong A Fie yang luas.

Namun, ruang sembahyang tersebut diberi pembatas. Artinya, tidak boleh dikunjungi dan dilarang mengambil gambar karena area itu dianggap sakral.

Selain sembahyang, pada hari H perayaan Tahun Baru Imlek keluarga Tjong A Fie akan membuat acara open house untuk para karyawan, kerabat, dan orang terdekat.

"Dan menutup museum selama acara berlangsung," sebutnya.

Baca juga:

Untuk diketahui, hampir separuh dari bangunan seluas 6.000 meter persegi ini dan seluruh peninggalannya telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Dinas Pariwisata kota Medan.

Tjong A Fie Mansion kemudian resmi dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Peresmian tersebut dilakukan sekaligus memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke 150 tahun.

Harga tiket masuk Tjong A Fie Mansion adalah Rp 30.000 per orang untuk dewasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat