pesonadieng.com

Festival Pasir Padi di Babel, Ada Lomba Dayung dan Tradisi Cari Kerang

Suasana Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Rabu (4/5/2022).
Lihat Foto

PANGKALPINANG, - Berbagai kegiatan bakal digelar dalam Festival Pasir Padi di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (5/3/2023).

Festival ini merupakan bagian dari akselerasi ekonomi pariwisata sekaligus menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi para pengunjung pantai.

Baca juga:

"Ini festival jilid dua setelah sebelumnya juga dilaksanakan festival di Pantai Pasir Padi. Kalau sebelumnya ada muket ikan, color run, dan lomba masak maka kali ini ada nuis lokan, jalan santai, dan lomba dayung," kata Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang M Yasin, Jumat (3/3/2023).

Apa itu nuis lokan?

Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021)./HERU DAHNUR Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021).

Yasin menuturkan, nuis lokan adalah bentuk kearifan lokal yang biasa dilakukan masyarakat pesisir. Kata "nuis" dalam artian mengais atau mencari lokan, sejenis kerang yang biasanya bersembunyi di sepanjang garis pantai.

Kegiatan nuis lokan bakal digelar siang harinya sekitar pukul 14.00 WIB. Peserta dibatasi sebanyak 100 grup dengan masing-masing grup beranggotakan tiga orang.

"Pendaftaran bisa dilakukan di Dinas Pariwisata Pangkalpinang," ujar Yasin.

Baca juga:

Sementara itu, lomba dayung bakal menggunakan perahu karet dengan maksimal peserta 20 grup. Setiap grup terdiri dari tujuh peserta dan satu pendamping.

Lomba dayung akan diadakan pagi harinya karena harus menyesuaikan dengan kondisi pasang air laut.

Bersamaan dengan lomba dayung, dilaksanakan juga jalan santai sekitar pukul 07.00 WIB.

"Festival Pasir Padi selanjutnya yang jilid tiga dan empat juga akan diisi berbagai kegiatan. Seperti tradisi mendirikan telur, kirab, hingga barongsai," ujar Yasin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat