pesonadieng.com

Taman Gandrung Terakota Banyuwangi: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Paket

Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi DOK. Shutterstock/Bayu Pamungkas
Lihat Foto

- Salah satu tempat wisata yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, adalah Taman Gandrung Terakota. 

Sesuai namanya, Taman Gandrung Terakota adalah sebuah situs budaya yang melestarikan ikon seni budaya Banyuwangi, tari Gandrung.

"Taman Gandrung Terakota, ada 1.000 patung gandrung yang menjadi salah satu kekayaan Banyuwangi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda di lokasi, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, dari Gandrung hingga Mata Air

Di situs ini terdapat 1.000 patung penari gandrung yang dibuat dari tembikar atau terakota. Patung-patung tersebar di kolam, sawah, taman, dan amfiteater di kawasan tersebut. 

Sebagai informasi, gandrung bermula dari tari persembahan masyarakat agraris kepada Dewi Sri, yang juga dikenal sebagai Dewi Kesuburan atau Dewi Padi. Lalu menjadi tarian pergaulan dan kemudian menjadi salah satu ikon kesenian Banyuwangi.

Seusai panen, masyarakat petani terbiasa bersukacita, menari, menyanyi, dan lainnya sebagai wujud syukur atas keberhasilan tani mereka.

Taman Gandrung Terakota terletak di kaki gunung Ijen, dengan pemandangan gunung Merapi dan Meranti, serta hamparan sawah yang subur.

Baca juga: Wings Air Terbang dari Banyuwangi ke Surabaya per 30 Agustus 2023

Memiliki luas hingga 3 kektar, pengunjung bisa menikmati restoran, menginap, belanja oleh-oleh khas, dan berkegiatan seni di Taman Gandrung Terakota. 

Lokasi dan jam buka Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Blimbingsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Perjalanan menuju kawasan Taman Gandrung Terakota dapat dilalui dengan kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat.

Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur. /FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Gandrung Terakota, bagian dari Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur.

Adapun jarak tempuh dari Banyuwangi (kota) menuju Taman Gandrung Terakota adalah sekitar 18 km dengan membutuhkan waktu 35 menit.

Sementara itu, jarak tempuhnya dari Bandara Internasional Blimbingsari Banyuwangi sekitar 25 km dengan waktu tempuh 50 menit.

Taman Gandrung Terakota buka setiap hari Minggu-Jumat pukul 06.00-18.00 WIB, sedangkan Sabtu buka pukul 06.00-22.00 WIB.

Harga paket wisata di Taman Gandrung Terakota

Wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati atraksi di tempat ini akan dikenakan tiket masuk. Tiket ini sekaligus biaya paket wisata yang mencakup beberapa hal.

Festival Lembah Ijen digelar di Taman Gandrung Terakota yang berada di bawah kaki gunung Ijen BanyuwangiHumas Pemkab Banyuwangi Festival Lembah Ijen digelar di Taman Gandrung Terakota yang berada di bawah kaki gunung Ijen Banyuwangi

Selain melihat keunikan patung 1.000 gandrung, dengan biaya Rp 100.000 per orang bisa mendapatkan paket tour dengan pemandu, tiket live show tari gandrung harian, serta makanan dan minuman khas setempat.

Di samping paket ini, pengunjung juga bisa mengecek penawaran paket lainnya yang selalu diperbarui di media sosial resmi Instagram Taman Gandrung Terakota.

Baca juga: Berapa Biaya Transportasi ke Banyuwangi? Berikut Estimasinya

Misalnya, ada Paket Kereta Api Sendratari Meras Gandrung seharga Rp 150.000 untuk 19 Agustus 2023. Sudah mendapatkan tiket KA Jember-Banyuwangi pp, tiket nonton Sendratari Meras Gandrung, dan kunjungan ke Pasar Batik Banyuwangi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat