pesonadieng.com

Gunung Fuji di Jepang Dipadati Jutaan Turis, Terancam Overtourism

Foto yang diambil pada Kamis (31/8/2023) ini menunjukkan pendaki di lereng Gunung Fuji, puncak tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3.776 meter. Gunung Fuji kini tidak lagi tenang, seperti yang telah dikenal sejak dulu, lantaran dipadati oleh jutaan pengunjung setiap tahun ditambah dengan banyak bus, truk penyuplai, toko mie, dan toko suvenir.
Lihat Foto

Gunung Fuji telah lama dikenal sebagai gunung yang sakral dan tenang di Jepang, tetapi kedatangan jutaan wisatawan setiap tahunnya dinilai menjadi ancaman bagi gunung tersebut.

Terletak di Prefektur Yamanashi dan Shizuoka, Gunung Fuji dikunjungi lebih dari 2,3 juta orang pada tahun 2012. Dikutip dari The Guardian, Senin (11/9/2023), angka tersebut meningkat menjadi lebih dari lima juta pengunjung pada tahun 2019. 

Baca juga:

Pada Juli 2023 ketika musim pendakian dimulai, sekitar 65.000 pendaki mencapai puncak gunung tersebut atau meningkat 17 persen dibandingkan tahun 2019. 

"Over-tourism menjadi masalah paling besar," tutur salah seorang pejabat pemerintah di Prefektur Yamanashi, Masatake Izumi, dikutip dari The Guardian, Senin (11/9/2023).

Izumi pun menyangsikan adanya manfaat ekonomi yang potensial dengan mendorong lebih banyak pengunjung ke Gunung Fuji.

"Orang-orang yang naik bus wisata mendaki gunung tersebut, membeli es krim saat menuruni gunung, dan langsung masuk bus. Hanya itu," ujar Izumi. 

Sebagai informasi, over-tourism terjadi ketika aktivitas pariwisata pada waktu tertentu dan di lokasi tertentu telah melebihi ambang batas kapasitas fisik, ekologis, sosial, ekonomi, psikologis, dan politik, dilaporkan oleh , Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Alarm Peringatan Overtourism

Banyak yang belum siap mendaki Gunung Fuji

Kereta Tokaido Shinkansen yang melintasi Prefektur Shizuoka berlatar panorama Gunung Fuji, Jepang.Dok. Wikimedia Commons/MaedaAkihiko Kereta Tokaido Shinkansen yang melintasi Prefektur Shizuoka berlatar panorama Gunung Fuji, Jepang.

Dari kejauhan, Gunung Fuji mungkin terlihat landai dengan salju putih di puncaknya. Namun, jangan salah, Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian mencapai 3.776 meter.

Dikutip dari laman Japan Rail Pass, Gunung Fuji terdiri dari 10 tahap (station) dari bawah sampai puncak, dengan empat jalur pendakian yaitu Yoshida, Fujinomiya, Subashiri, dan Gotemba. Durasi pendakian dari lima sampai 10 jam.

Gunung Fuji dipadati pendaki baik siang maupun malam hari. Pada malam hari, biasanya mereka mendaki untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) di puncak. 

Baca juga: Hiking Sambil Menikmati Pemandangan Gunung Fuji

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat