pesonadieng.com

8 Tempat Wisata Makassar Dekat Bandara Sultan Hasanuddin

Masjid terapung Amirul Mukminin di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan
Lihat Foto

- Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan pintu gerbang menuju wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Bandara internasional ini kerap disebut sebagai Bandara Makassar.

Namun, sebetulnya bandara internasional ini masuk wilayah Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jaraknya menuju Kota Makassar sekitar 20 kilometer (km) atau 25 menit berkendara.

Bandara Sultan Hasanuddin.Shutterstock Bandara Sultan Hasanuddin.

Jika melakukan perjalanan melalui Bandara Sultan Hasanuddin, kamu bisa singgah ke sejumlah tempat wisata terdekat, baik di Kota Makassar maupun Kabupaten Maros.

Baca juga:

Wisata Makassar dekat bandara

merangkum tempat wisata Makassar dekat Bandara Sultan Hasanuddin, sebagai berikut. Destinasi wisata tersebut dapat dijangkau selama maksimal 35 menit berkendara.

1. Mangrove Lantebung 

Desa Wisata Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatandok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatan

Hutan mangrove satu-satunya di Kota Makassar ini, berlokasi di Desa Wisata Lantebung, Kelurahan Wira, Kecamatan Tamalanrea. Jaraknya dari Bandara Sultan Hasanuddin sekitar 13 km atau 22 menit berkendara.

Kawasan mangrove seluas 30 hektar ini, merupakan pelindung permukiman warga dari ombak dan angin kencang, berdasarkan informasi dari Kompas.id. Mangrove telah menjadi bagian dari kehidupan penduduk Lantebung, bahkan sebelum 1970-an.

Keberadaan mangrove Lantebung sempat habis, namun masyarakat setempat kembali menanam tumbuhan pesisir tersebut setelah menyadari pentingnya keberadaan mangrove. Kini, mangrove Lantebung menjadi salah satu destinasi wisata alam di Makassar.

2. Pantai Losari 

ILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009.Shutterstock/Andreawan Tarigan ILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009.

Kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, wisatawan perlu menempuh perjalanan selama 34 menit atau 22 km.

Daya tarik Pantai Losari adalah panorama sunset di Selat Makassar yang indah. Spot wisata favorit wisatawan adalah Anjungan Pantai Losari. 

Destinasi berupa ruang terbuka publik ini menawarkan pemandangan indah ke Selat Makassar, Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, dan sebagainya, berdasarkan informasi dari (31/1/2022). Selain itu, lokasinya Pantai Losari sangat strategis dan mudah diakses, karena berada di dekat pusat Kota Makassar.

3. Pantai Tak Berombak 

Selain wisata ke Kota Makassar, masyarakat yang datang melalui Bandara Sultan Hasanuddin bisa mampir ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Maros. Salah satunya adalah Pantai Tak Berombak.

Meskipun bernama pantai, namun wisatawan tidak akan menjumpai pantai di obyek wisata ini. Alih-alih pantai, wisatawan akan menemukan kolam buatan yang luas serta dikelilingi sentra kuliner, berdasarkan informasi dari Tribun Makassar.

Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Jaraknya dari Bandara Sultan Hasanuddin sekitar 12 km atau 25 menit berkendara. 

Selain berburu kuliner, pengunjung bisa bersantai di taman, gazebo, wahana bermain anak, dan sebagainya. Kawasan ini selalu dipadati pengunjung, utamanya pada sore hari. 

4. Masjid 99 Kubah 

Masjid 99 Kubah di MakassarShutterstock/Sony Herdiana Masjid 99 Kubah di Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar merupakan salah satu masjid unik di Indonesia. Salah satu ikon Kota Makassar ini, berlokasi di kawasan reklamasi Pantai Losari atau dikenal sebagai Center Poin of Indonesia (CPI), sekitar 35 menit berkendara.

Masjid 99 Kubah berada dekat dengan Pantai Losari, Makassar sehingga menawarkan panorama yang indah. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan panorama sunset di Pantai Losari dari masjid ini.

Sesuai namanya, masjid ini memiliki 99 kubah, yang merupakan rancangan Ridwan Kamil, berdasarkan informasi dari (23/4/2022). Jumlah kubah tersebut merupakan lambang Asmaul Husna, yakni 99 nama Allah SWT.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat