pesonadieng.com

20 Tempat Wisata di Gorontalo, Ada Taman Laut dan Danau

Terumbu karang Salvador Dali, terumbu karang di Gorontalo yang mirip dengna bentuk isi kepala manusia.
Lihat Foto

- Provinsi Gorontalo menyimpan banyak destinasi wisata yang menawan. Wisata Gorontalo mulai dari pantai, pulau, bukit, danau, bangunan bersejarah, dan sebagainya.

Jika mampir ke Gorontalo, sempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Baca juga:

merangkum tempat wisata Gorontalo sebagai berikut.

1. Taman Laut Olele 

Ilustrasi Taman Laut Olele di Gorontalo.Dok. pariwisata.gorontaloprov Ilustrasi Taman Laut Olele di Gorontalo.

Pantai Olele merupakan destinasi wisata populer di Gorontalo, yang berada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Balango, Gorontalo. Pantai ini banyak dikunjungi  wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

Melansir Direktori Pariwisata, Pantai Olele terkenal dengan keindahan panorama bawah laut. Tak heran jika pantai ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia.

Ada sekitar sembilan spot diving paling indah di Pantai Olele. Salah satu yang terkenal adalah spot Goa Jin, dimana terdapat goa sedalam 22 meter.

2. Pantai Botubarani

Anak-anak pantai Botubarani bermain dengan hiu paus atau whale shark di peraiaran belakang rumah mereka. Hiu paus merupakan satwa raksasa pengelana samudera banyak ditemukan kehadirannya di perairan Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Anak-anak pantai Botubarani bermain dengan hiu paus atau whale shark di peraiaran belakang rumah mereka. Hiu paus merupakan satwa raksasa pengelana samudera banyak ditemukan kehadirannya di perairan Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango.

Daya tarik Pantai Botubarani adalah keberadaan hiu paus. Pengunjung bisa menyaksikan hiu paus di kawasan wisata ini, bahkan bisa foto bareng spesies ikan ukuran besar ini.

Pantai Botubarani yang berada di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Kemunculan hiu paus yang sangat dekat dari bibir pantai, yakni sekitar 25 meter. Jadi, wisatawan bisa menyaksikan kemunculan hiu paus dari atas perahu.

Selain itu, perairan Pantai Botubarani cukup jernih, sehingga hiu paus dapat terlihat jelas baik dari permukaan maupun dari dalam air

3. Pantai Kurenai

Lokasi Pantai Kurenai yang tidak begitu jauh dari Kota Gorontalo, menjadikan destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Pantai Kurenai terkenal dengan garis pantai yang panjang, seperti dilansir dari Tribun Gorontalo. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir putih serta dikelilingi dengan pepohonan rindang.

Dulunya, Pantai Kurenai merupakan lokasi perusahaan budidaya ikan milik investor Jepang ini. Namun, kini sudah tidak beroperasi lagi.

4. Pantai Tangga 2000

Salah satu destinasi wisata Tangga 2000 yang terdapat di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo/Ronny Adolof Buol Salah satu destinasi wisata Tangga 2000 yang terdapat di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo

Meskipun namanya Pantai Tangga 2000, namun tenang saja lantaran jumlah undakan di obyek wisata ini tidak mencapai ribuan. Angka 2000 tersebut merujuk pada tahun peresmian obyek wisata pantai ini, berdasarkan informasi dari (4/5/2013).

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, sekitar 20 menit berkendara.

Sesuai namanya, ikon pantai ini adalah anak tangga dari beton yang menempel di tebing-tebing pantai. Wisatawan bisa duduk santai di tangga-tangga tersebut sambil menikmati pemandangan Teluk Gorontalo, Pelabuhan Gorontalo, dan Teluk Tomini sambil menikmati kuliner.

Baca juga:

5. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo berada di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota, sekitar 130 km  atau lebih dari tiga jam berkendara.

Namun demikian, lelahnya perjalanan akan terbayar lunas dengan panorama pantai pasir putih yang indah. Selain itu, Pantai Bolihutuo dilengkapi dengan fasilitas restoran dan resort bagi wisatawan.

Di sekeliling pantai, wistawan bisa menjumpai pepohonan hijau sehingga menciptakan suasana asri. Pantai ini juga dikelilingi dengan pohon mangrove yang dapat mencegah abrasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat