pesonadieng.com

Legenda Goa Tapak Raja di IKN, Dulu Jadi Tempat Pertapaan

Goa Tapak Raja, Selasa (3/10/2023).
Lihat Foto

- Goa Tapak Raja merupakan salah satu destinasi wisata alam dekat kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang dibangun untuk kunjungan wisatawan.

Lokasinya berada di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimaatan Timur. Jarak lokasinya sekitar 31 kilometer dari Titik Nol Nusantara, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Menurut penuturan Kepala Desa Wonosari bernama Kasiyono, Goa Tapak Raja ini diyakini sebagai lokasi pertapaan pada zaman kerajaan.

Baca juga:

"Siapa nama raja yang bertapa di sini tidak sebutkan (tidak ada informasi detail). Tapi pada zaman kerajaan, konon goa ini dijadikan sebagai tempat pertapaan. Itu juga diyakini oleh tokoh adat atau pemangku suku Paser," kata Kasiyono di lokasi, Selasa (3/10/2023).

Ia melanjutkan, setelah zaman kerajaan, kegiatan pertapaan di Goa Tapak Raja kemudian diikuti oleh seorang tokoh suku Paser pada zaman gerombolan, yakni sekitar 1950 hinga 1960-an.

Goa Tapak Raja, Selasa (3/10/2023)./ Suci Wulandari Putri Goa Tapak Raja, Selasa (3/10/2023).

"Tokoh tersebut tinggal di sini memperdalam ilmu kanuragan (ilmu bela diri secara supranatural)," kata Kasiyono.

Masyarakat juga percaya bahwa tokoh yang bertapa di Goa Tapak Raja tersebut memiliki seorang sahabat yang menunggu di dalam goa, bernama Bea.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat IKN Nusantara, Ada Goa Tapak Raja

Kata Kasiyono, Bea ialah sosok makhluk halus penunggu goa. Maka dari itu, goa ini pernah disebut dengan nama Goa Bea.

Dahulu, kawasan di sekitar Goa Batu Tapak Raja ini banyak ditumbuhi pohon elai, yaitu pohon durian berwarna kuning, yang dalam bahasa Paser disebut dengan paken.

Maka dari itu, kawasan Goa Batu Tapak Raja ini dahulu sempat disebut dengan nama Kampung Paken.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat