pesonadieng.com

32 Tempat Wisata Lamongan, Ada Pantai dan Makam Wali Songo

Pantai Tanjung Kodok di Lamongan, Jawa Timur
Lihat Foto

- Jika mendengar kata Lamongan, mayoritas masyarakat akan teringat dengan makanan soto atau pecel lele Lamongan. Selain kedua kuliner tersebut, Lamongan merupakan kota destinasi wisata di Jawa Timur.

Ada beragam tempat wisata Lamongan  yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai, taman bermain, bukit, goa, wisata air, dan sebagainya.

Baca juga:

merangkum tempat wisata di Lamongan sebagai berikut.

1. Wisata Bahari Lamongan 

Wisata Bahari Lamongan (WBL), salah satu wisata populer di Lamongan yang memadukan wisata pantai dan taman bermain dengan aneka wahana. https://wisatabaharilamongan.com/ Wisata Bahari Lamongan (WBL), salah satu wisata populer di Lamongan yang memadukan wisata pantai dan taman bermain dengan aneka wahana.

Bahari Lamongan (WBL) merupakan salah satu wisata populer di Lamongan, Jawa Timur. Obyek wisata ini memadukan keindahan panorama pantai dengan beragam wahana seru.

Obyek wisata keluarga seluas 17 hektar ini, berada di kawasan Pantai Tanjung Kodok  di pesisir utara pantai Jawa. Tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Terdapat sekitar 52 wahana di Wisata Bahari Lamongan yang dapat dinikmati wisatawan anak-anak hingga dewasa. Harga tiket masuk WBL mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 145.000 per orang, bergantung dari paket yang dipilih. 

2. Pantai Tanjung Kodok

Salah satu wahana di Wisata Bahari Lamongan (WBL), wisata populer di Lamongan berada di Pantai Tanjung KodokDok. https://wisatabaharilamongan.com/ Salah satu wahana di Wisata Bahari Lamongan (WBL), wisata populer di Lamongan berada di Pantai Tanjung Kodok

Seperti disampaikan sebelumnya, Pantai Tanjung Kodok telah dikembangkan dengan kehadiran obyek wisata Wisata Bahari Lamongan.

Nama Pantai Tanjung Kodok terinsporasi dari keberadaan batu karang yang bentuknya menyerupai katak atau kodok, seperti dikutip dari situs Tanjung Kodok Beach Resort. Sekilas, batu tersebut terlihat seperti katak yang tengah duduk menghadap ke laut.

Selain itu, terdapat sejumlah akomodasi di Pantai Tanjung Kodok, seperti resort dan hotel. Dari lokasi resort tersebut, wisatawan bisa menyaksikan panorama lautan lepas serta bebatuan karang dan goa yang mempesona.

3. Goa Maharani

Goa Maharani di Maharani Zoo dan Goa Lamongan, obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan Dok. http://www.maharanizoo.com/ Goa Maharani di Maharani Zoo dan Goa Lamongan, obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan

Tak jauh dari kawasan Wisata Bahari Lamongan, wisatawan bisa menjumpai obyek wisata Goa Maharani. Keunikan Goa Maharani adalah keberadaan stalaktit dan stalakmit dalam goa yang terbilang unik, karena terlihat seperti istana. 

Bahkan, keindahan Goa Maharani ini banyak disandingkan dengan Taman Nasional Gua Mammoth, di Kentucky, AS dan Taman Nasional Gua Carlsbad, di New Mexico, AS.

Wisatawan dapat menjelajahi Goa Maharani yang memiliki rute sepanjang 350 meter. Menariknya, stalaktit dan stalakmit Goa Maharani masih tumbuh sekitar satu centimeter per tahun.

4. Maharani Zoo 

Maharani Zoo dan Goa Lamongan adalah obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan Dok. http://www.maharanizoo.com/ Maharani Zoo dan Goa Lamongan adalah obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan

Kebun binatang ini berada dalam satu kawasan dengan Goa Maharani. Tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pengunjung bisa menjumpai lebih dari 400 jenis satwa di kebun binatang seluas 3,5 hektar ini.

Termasuk, beragam koleksi satwa langka seperti orang utan, wallaby, jerapah, beruang madu, harimau putih dan singa putih, berdasarkan informasi dari situs resminya. Selain taman satwa, Maharani Zoo memiliki area museum dan galeri satwa yang berisi koleksi fosil satwa hampir punah, seperti ikan paus dan beruang putih.

Adapula koleksi hewan albino seperti ular albino, tikus albino, dan kanguru albino. Sebagai pelengkap, Maharani Zoo memiliki taman burung dengan beragam koleksi jenis dari  berbagai negara di dunia.

5. Pantai Kutang 

Berada di pesisir utara Pulau Jawa menjadikan Lamongan mempunyai sejumlah destinasi wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Kutang. Lokasinya berada di Desan Labuhan, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Lamongan. 

Pesona Pantai Kutang adalah hamparan pasir putih dan deburan ombak, seperti dikutip dari Lamongan Tourism. Karena keindahannya tersebut, Pantai Kutang banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Kutang dilengkapi dengan berbagai spot foto Instagramable, salah satunya adalah jembatan panjang dari kayu yang berwarna-warni. Pengunjung juga bisa menjumpai beragam warung di sekitar pantai yang menjajakan makanan dan minuman.

Baca juga:

Ayo Dolen nang Lamongan, Upaya Pulihkan Sektor Pariwisata di Kabupaten Lamongan

6. Pantai Ya’ang Labuhan

Tidak jauh dari Pantai Kutang, wisatawan bisa menjumpai destinasi wisata pantai lainnya, yakni Pantai Ya’ang Labuhan. Selain panorama pantai yang indah, ciri khas Pantai Ya’ang Labuhan adalah jembatan kayu panjang dengan desain unik. 

Jembatan kayu ini menjadi spot foto favorit pengunjung Pantai Ya’ang Labuhan. Waktu berkunjung terbaik adalah saat matahari terbenam sehingga wisatawan bisa menikmati panorama sunset dari atas jembatan kayu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat