pesonadieng.com

6 Tempat Wisata Tegal Dekat Stasiun, Ada Kembaran Lawang Sewu   

Gedung Birao atau bekas perusahaan kereta api swasta pada masa pemerintahan Belanda, Semarang-Cheribon Stoomtram Matschappij (SCS).
Lihat Foto

- Tegal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi destinasi mudik saat libur tahun baru 2024. Saat singgah di Tegal, kamu bisa mampir ke tempat wisata dekat stasiun. 

Berikut rekomendasi tempat wisata di Tegal dekat stasiun yang bisa dikunjungi wisatawan. Ada beragam destinasi yang bisa dijumpai, seperti bangunan bersejarah, waterpark, pantai, taman rekreasi, dan sebagainya. 

Baca juga:

1. Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark atau Bahari Waterpark, salah satu wahana di Bahari Waterpark,Tegal, Jawa Tengah
Dok. Tourist Information Center Gerbang Mas Bahari Waterpark atau Bahari Waterpark, salah satu wahana di Bahari Waterpark,Tegal, Jawa Tengah

Gerbang Mas Bahari Waterpark atau Bahari Waterpark merupakan salah satu wahana permainan air terbesar di Tegal, Jawa Tengah. Obyek wisata ini berjarak sekitar 4 kilometer (km) dari Stasiun Tegal atau 10 menit berkendara. 

Alamatnya berada di di Sumurpanggang, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. 

Pengunjung bisa menikmati beragam wahana permainan air yang seru, seperti kolam ombak, kolam olympic, Wild River, Ricer Slider, dan sebagainya. Harga tiket masuk Bahari Waterpark cukup ramah kantong, yakni Rp 25.000 - Rp 30.000 per orang. 

2. Taman Pancasila 

Saat keluar dari Stasiun Tegal, wisatawan bisa menjumpai Taman Pancasila yang lokasinya berhadapan. Ikon area publik ini adalah lambang negara, patung Garuda Pancasila. 

Taman yang dibuka pada 28 Oktober 2021 ini, dilengkapi dengan area bermain anak-anak. Selain itu, terdapat pedagang kuliner di sekitar Taman Pancasila. Wisatawan tidak dipungut biaya saat berkunjung ke Taman Pancasila, alias gratis. 

Menariknya, wisatawan bisa menjumpai lokomotif kereta api tipe D301 di tengah taman. Lokomotif buatan Jerman itu, merupakan salah satu perintis modernisasi lokomotif. 

3. Alun-alun Kota Tegal 

Bangku taman di Alun-alun Kota Tegal, Jawa TengahShutterstock Bangku taman di Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah

Berkunjung ke Tegal belum lengkap tanpa mampir ke Alun-alun Kota Tegal. Ikon Kota Tegal ini, hanya berjarak 500 meter dari stasiun sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama enam menit. 

Melansir dari Tribun Jateng, Alun-alun Kota Tegal semakin cantik dan rapi usai revitalisasi. Wisatawan bisa menjumpai fasilitas bangku, pedestrian, jogging track, air mancur, dan taman. 

Terdapat pedagang kuliner di sekeliling Alun-alun Kota Tegal. Saat ini, area publik tersebut dapat dinikmati secara 24 jam setiap harinya. 

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat