pesonadieng.com

Bukit Gundul Sipiso-piso di Sumatera Utara: Daya Tarik dan Tiket Masuk

Ilustrasi pemandangan dari Bukit Gundul Sipiso-piso di Sumatera Utara.
Lihat Foto

- Selama ini mungkin wisatawan sering mendengar Air Terjun Sipiso-piso di Sumatera Utara. Namun, bagaimana dengan Bukit Gundul Sipiso-piso atau Bukit Sipiso piso?

Bukit Gundul wajib dikunjungi wisatawan pencinta alam. Sebab, dari bukit tersebut, mereka bisa menikmati panorama Danau Toba dan rerumputan. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Balige Sumatera Utara, Pemandangan Alam yang Indah

Dilansir dari Tribun Medan, Minggu (29/3/2020), bukit ini bisa dicapai dari Kota Medan dengan berkendara selama kira-kira 3,5 jam. Lokasinya di Desa Situnggaling, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Wisatawan yang hendak ke Bukit Gundul bisa lewat gerbang menuju Air Terjun Sipiso-piso. Di gerbang itu, beloklah ke kiri untuk ke Bukit Gundul atau Bukit Sipiso-piso.

Di jalur tersebut nantinya ada plang yang mengarahkan ke bukit ini. Harap diperhatikan bahwa jalur ke bukit ini menanjak dan berbatu. 

Baca juga:

Daya tarik Bukit Gundul Sipiso-piso

Selain jadi lokasi untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian, Bukit Gundul juga menjadi tempat yang pas untuk berburu panorama sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam).

Wisatawan dapat berkemah agar bisa melihat pemandangan tersebut lebih lama dari ketinggian sekitar 1.900 meter di atas permukaan laut (mdpl), dikutip dari Tribun Medan, Senin (12/2/2024).

Jika cuaca cerah, hamparan awan di lereng-lereng bukit akan terlihat sejauh mata memandang. Saat malam tiba, pemandangan bintang-bintang juga bisa diamati di langit. 

Baca juga:

Tiket masuk Bukit Gundul Sipiso-piso

Wisatawan yang memasuki kawasan wisata tersebut wajib membayar biaya retribusi mulai Rp 15.000.

Nantinya mereka akan dipandu soal arah jalan menuju bukit ini oleh petigas yang ada. 

Baca juga: 8 Wisata Berastagi Sumatera Utara, Ada Pagoda Tertinggi di Indonesia 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat