pesonadieng.com

Menparekraf: Perputaran Uang Wisata Halal Berpotensi Naik 25 Persen

Pilar dalam Masjid Istiqlal yang berjumlah 12 pilar, menandakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal
Lihat Foto

- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan perputaran uang dari pariwisata halal Indonesia berpotensi meningkat 25 persen tahun 2024. 

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik pasca-pandemi COVID-19.

"Ini meningkat, meningkat luar biasa, signifikan. Kami memetakan ada potensi peningkatan sampai 25 persen tahun ini," kata Sandiaga dikutip dari Antara, Sabtu (16/3/2024). 

"Peningkatan ini kita pantau ada pada konsumsi rumah tangga yang bertumbuh dengan sehat," pungkasnya.

Pergerakan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun ini juga diperkirakan meningkat signifikan.

Baca juga:

Hal ini, menurut Sandiaga, juga terkonfirmasi dengan banyaknya jamaah yang menghadiri buka puasa bersama di Masjid Istiqlal pada akhir pekan mencapai 7.000 orang.

Sandiaga memandang, pariwisata halal dan ekonomi kreatif saling berdampingan yang terwujud dalam acara Istiqlal Ramadan Fair 2024.

Menurutnya, berbagai kegiatan di Masjid Istiqlal selama Ramadan mencerminkan simbol persatuan dan keberagaman masyarakat Indonesia. 

"Saya mengundang para perusahaan-perusahaan donatur-donatur untuk menggunakan kesempatan ini, satu bulan penuh Allah berikan kita untuk berbagi," jelasnya.

"Ini juga akan membantu saudara-saudara kita menghadapi tekanan kenaikan harga-harga beras dan lain sebagainya dengan beramal melalui kegiatan di Masjid Istiqlal," kata dia.

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf sendiri juga mengupayakan penguatan UMKM sektor ekonomi kreatif selama Ramadan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.

Dari sisi permodalan, Kemenparekraf juga memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, apalagi pemerintah memiliki target agar seluruh UMKM mengantongi sertifikat halal sebelum Oktober 2024.

Baca juga:

"Tidak ada waktu yang panjang lagi untuk persiapan. Makanya, kami melakukan fasilitasi untuk sertifikasi halal yang harus kita lakukan sebelum bulan Oktober," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga mengatakan bahwa Indonesia merupakan destinasi wisata halal yang sangat diminati dunia. 

Indonesia berhasil mendapatkan predikat Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 dalam Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) di tahun 2023.

Ia mengajak masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk menjaga serta mempertahankan pencapaian tersebut di tahun ini.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat