pesonadieng.com

5 Bandara di Indonesia Dinilai Paling Menyenangkan di Asia Pasifik 2023

Arus penumpang melonjak tajam melalui Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lihat Foto

- Lima bandara di Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai The Most Enjoyable Airport (Bandara Paling Menyenangkan) di Asia Pasifik sepanjang 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Dewan Bandara Internasional, yakni Airport Council International (ACI) dalam Airport Service Quality (ASQ) 2023.

Baca juga: Penghargaan Bandara Terbersih di Dunia, Ada 6 Bandara dari Indonesia

"Pada 2022, empat kategori baru diperkenalkan untuk ASQ Awards, yang mencerminkan evolusi kebutuhan pelanggan dan upaya bandara untuk memenuhinya saat kita bertransisi keluar dari pandemi," bunyi keterangan resmi dari laman Airport Council International, dikutip Rabu (20/3/2024).

Adapun empat kategori yang dimaksud meliputi kategori bandara dengan staf paling berdedikasi, bandara terbersih, bandara paling menyenangkan, dan bandara dengan perjalanan paling memudahkan.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.Dok. Shutterstock/ondol Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Khusus kategori bandara paling menyenangkan, Indonesia berhasil tampil dengan lima bandara unggulan.

"Memberikan penghargaan kepada lima persen bandara teratas atas penawaran mereka (restoran, toko, hiburan) dan upaya mereka untuk membuat waktu tunggu menyenangkan dan nyaman," bunyi keterangan resmi tersebut.

Berikut daftar bandara Indonesia yang raih penghargaan bandara paling menyenangkan versi ASQ 2023:

1. Bandara Internasional Adi Soemarmo  di Jawa Tengah

2. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur

3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan

4. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan

5. Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat