pesonadieng.com

Daftar Negara yang Pernah Ganti Warna Paspor, Mana Saja?

Cara bikin paspor untuk pekerja migran Indonesia.
Lihat Foto

 - Indonesia akan ganti warna paspor dan akan diluncurkan pada Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 2024.

"Pada peringatan HUT ke-79 RI, 17 Agustus 2024, paspor kita akan berganti warna. Warnanya apa, nanti kita tunggu saat launching," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, di Jakarta pada Kamis (28/3/2024).

Mengetahui adanya penggantian warna paspor yang akan dilakukan Indonesia ini, ternyata juga pernah dilakukan oleh negara lainnya.

Yuk, simak negara mana saja yang pernah melakukan ganti warna paspor.

Baca juga:

Inggris

Dilansir dari laman USA Today, setelah Inggris keluar dari Uni Eropa, Inggris mengganti warna paspor yang awalnya merah menjadi biru.

Warna merah pada paspor Inggris sudah disematkan sejak tahun 1988 ketika standar warna paspor Eropa dirilis. Ketika Inggris keluar dari Uni Eropa, lima bulan setelahnya Inggirs menganti warna paspor yang diterbitkan pertama kali pada Oktober 2019.

Ilustrasi pasporDok. Shutterstock/Ian Sidlow Ilustrasi paspor

Amerika Serikat

Dilansir dari laman Passport Health USA, pada tahun 1920, Liga Bangsa-Bangsa membuat standar untuk membuat paspor. Meskipun pada saat itu Amerika Serikat belum menjadi anggota organisasi tersebut, tetapi memilih untuk mengikuti standar yang sudah ditetapkan.

Paspor Amerika Serikat awalnya terbuat dari selembar kertas yang sedikit lebih besar dari ukuran ijazah. Kemudian, paspor tersebut mengalami perkembangan menjadi seperti buku kecil dengan 28 halaman dan sampul berwarna hijau.

Namun, warna hijau itu tidak bertahan lama. Pada tahun 1970, warnanya diubah menjadi biru, lalu kembali lagi menjadi hijau pada tahun 1993, dan berganti sekali lagi menjadi biru pada tahun 1994. Sejak saat itu, paspor Amerika Serikat menggunakan warna biru hingga hari ini.

Tidak hanya paspor AS, warna biru juga umum digunakan oleh beberapa negara Karibia dan wilayah Amerika Serikat seperti Guam, Puerto Rico, Samoa Amerika, dan Kepulauan Virgin AS.

Banyak negara di Amerika Selatan juga menggunakan paspor dengan sampul berwarna biru untuk warganya.

Ilustrasi paspor Indonesia.Shutterstock/bagussatria Ilustrasi paspor Indonesia.

Indonesia

Paspor dengan warna baru direncanakan akan diluncurkan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024.

Menurut Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, perubahan warna paspor bertujuan untuk mengurangi risiko pemalsuan. Dia juga menjelaskan bahwa paspor baru nantinya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Saat ini, desain paspor masih dalam tahap pengembangan. Silmy juga mengungkapkan bahwa paspor dengan warna baru dijadwalkan akan diterbitkan satu tahun setelah desain resmi diumumkan.

Mengenai desain dan warna paspor, Silmy hanya memberikan sedikit bocoran, menyatakan bahwa paspor akan menggunakan tone warna yang khas bagi Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat