pesonadieng.com

Mengenal Templestay di Korea Selatan, Wisata Budaya di Kuil Buddha

Ilustrasi wisatawan di kuil Buddha Korea Selatan.
Lihat Foto

- Korea Selatan memperkenalkan templestay atau program wisata di kuil untuk wisatawan. Adapun aktivitas yang ditawarkan berkaitan ketenangan, agar peserta mendapatkan perspektif baru dalam kehidupan dan menemukan diri sendiri.

Contoh kegiatan yang dilakukan di antaranya meditasi, membuat kerajinan sederhana, menikmati makanan vegetarian di kuil Buddha di Korea Selatan. 

Saat ini dibuka Templestay Event for Foreigner 2024 (Program Templestay untuk Wisatawan Asing 2024) periode 1 April- 31 Juli 2024.

Baca juga: 4 Lokasi Syuting Film Exhuma di Korea Selatan, Ada Hutan

Hanya sekitar 1.000 wisatawan asing yang dapat mengikuti program templestay di beberapa kuil seluruh penjuru Korea Selatan.

Program templestay ini dibuka dengan harga mulai dari 30.000 won atau sekitar 350.000-rupiah untuk dua hari satu malam. Program dapat diakses di situs resmi Templestay.

Berikut penjelasan mengenai aktivitas templestay di Korea Selatan dari Korea Tourism Organization: 

1. Berjalan keliling kuil dan meditasi

Ilustrasi wisatawan di kuil Buddha Korea Selatan. Dok. Korea Tourism Organization Ilustrasi wisatawan di kuil Buddha Korea Selatan.

Program templestay biasanya dimulai dengan berjalan di sekitar kuil dalam kelompok kecil. Selama berjalan santai, peserta akan mempelajari informasi dasar tentang agama Buddha dan nilai manfaat dari bangunanyang dilewati. 

Kuil di Korea letaknya dekat dengan alam sehingga peserta juga dapat mengambil waktu sebentar untuk menatap alam di sekitarnya. 

Setelah melakukan perjalanan, peserta juga dapat mengikuti kelas meditasi yang

dipandu oleh biksu. Biksu akan memberikan arahan bagaimana bermeditasi yang baik agar peserta dapat menemukan ketenangan.

Baca juga: Alasan Wisata Kuliner Paling Disenangi Wisatawan Indonesia Saat ke Korea

2. Belajar membuat kerajinan tangan sederhana

Kuil yang mengadakan templestay biasanya jauh dari hiruk pikuk kota dan cukup jauh

menjangkau sinyal komunikasi. 

Hal ini membuat peserta istirahat sejenak dari kegiatan digital dan fokus pada kegiatan sederhana. 

Salah satu program templestay biasanya juga menawarkan aktivitas yang dapat menjauhkan peserta dari kegiatan digital adalah membuat kerajinan tangan sederhana.

Baca juga: 4 Festival Unik di Jeju di Korea, Ada Festival Api dan Bunga Canola

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat