pesonadieng.com

5 Tempat Wisata di Gorontalo untuk Libur Lebaran 2024

Wisatawan lokal tengah berperahu di Danau perintis Kecamaatn Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Danau ini mudah dijangkau dan memiliki pemandangan indah.
Lihat Foto

GORONTALO, – Alam dan budaya Gorontalo menawarkan beragam daya tarik untuk dijelajahi selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Gorontalo dekat dengan garis imajiner khatulistiwa yang mengiris Teluk Tomini. Daerah ini menyajikan laut yang jernih dengan beragam flora dan fauna.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Gorontalo, Ada Taman Laut dan Danau

Demikian juga dengan hutannya yang khas, yang tidak dimiliki baik di daratan bagian barat maupun timur Indonesia. Sebab, Gorontalo masuk wilayah bioregion Wallacea yang memiliki banyak satwa endemik, seperti anoa, babi rusa, julang sulawesi, maleo, dan monyet gorontalo.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Gorontalo yang bisa dikunjungi untuk liburan:

Tempat wisata di Gorontalo untuk libur Lebaran

1. Danau Perintis

Pesona pemandangan Danau Petintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Danau mungil ini menjadi obyek wisata yang menarik bagi semua kalangan.KOMPAS.COM/RURI IRAWAN Pesona pemandangan Danau Petintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Danau mungil ini menjadi obyek wisata yang menarik bagi semua kalangan.

Danau Perintis terletak di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, tidak jauh dari Kota Gorontalo. Wisatawan bisa naik motor dan mobil untuk tiba di tempat wisata ini.

Daya tarik utama Danau Perintis adalah panorama gugusan pegunungan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, yang berpadu dengan teduhnya permukaan air danau.

Terdapat pula perahu pinisi dari tembaga yang berwarna keemasan. Saat sore tiba, perahu pinisi ini akan terlihat unik, dan saat malam tiba, peranu ini seolah bermandikan cahaya.  

Selain pemandangan, danau ini juga menawarkan angin sejuk. Pengunjung dapat duduk santai di tepi danau sambil menikmati sajian para pelaku kuliner di Suwawa.

“Siapa pun yang datang ke Danau Perintis, kami akan menyambutnya dengan gembira,” kata salah seorang pengelola obyek wisata Danau Perintis, Andris Modamba Saleh, Selasa (9/4/2024).

Kuliner di tempat wisata ini pun beragam. Dari hidangan cepat saji, camilan, sampai sate yang cocok dinikmati bersama dengan suasana sejuk di danau ini.

Baca juga:

2. Pantai Desa Botubarani

Sejumlah anak nelayan di Desa Botubarani berintereaksi dengan hiu paus atau whale shark yang ada di dekat rumahnya. Kemunculan ikan raksasa ini menjadi daya tarik wisata.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Sejumlah anak nelayan di Desa Botubarani berintereaksi dengan hiu paus atau whale shark yang ada di dekat rumahnya. Kemunculan ikan raksasa ini menjadi daya tarik wisata.

Jika menyukai tantangan menyelam atau snorkeling bersama hiu paus maka Pantai Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, adalah tempatnya. 

Namun, jika hanya ingin menikmati dari atas perahu maka nelayan lokal dengan senang hati akan menyewakan perahu sekaligus dengan pemandu.

Tidak sulit untuk mencapai tempat ini, sekitar berjarak 12 kilometer dari kota sehingga bisa ditempuh dengan segala moda kendaraan darat. 

Tempat ini tak hanya jadi daya tarik wisatawan nusantara (wisnu), tapi juga sering didatangi wisatawan mancanegara (wisman).

“Untuk ke obyek wisata ini perlu informasi dulu apakah di hari kunjungan ada hiu paus yang datang atau tidak,” ujar salah seorang warga Kota Gorontalo, Martin Kasim.

Martin melanjutkan, hal ini agar pengunjung tidak kecewa jika tidak menemukan hiu paus saat sudah di lokasi.

Menurutnya, sepanjang bulan Maret, sekitar 26 hari, pantai ini akan dimampiri satwa ini. Mereka tidak muncul sekitar lima hari.

Namun, di luar bulan tersebut, pantai di desa ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Di pantai ini pula, pengunjung dapat menikmati sajian sanggala atau pisang goreng khas Goronatalo yang disajikan hangat bersama sambal roa. Ada juga kopi kampung yang bercita rasa nikmat.

Baca juga: Atraksi dan Wisata di Desa Wisata Botubarani Gorontalo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat