pesonadieng.com

Pemindahan Spot Ikonik Wisata Hawai, Tangga Haiku, Telah Dimulai

Ilustrasi Wisatawan - Seorang wisatawan sedang berada di tempat wisata bernama Haiku Stairs di Pulau O'ahu, Hawaii, Amerika Serikat.
Lihat Foto

- Tangga Haiku di Hawaii, yang terkenal dengan sebutan "Stairway to Heaven", akhirnya telah dibongkar setelah bertahun-tahun menjadi perdebatan. 

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Honolulu, Kamis (18/04/2024), Departemen Desain dan Konstruksi (DDC) Kota dan Kabupaten Honolulu bersama dengan kontraktor proyek The Nakoa Companies Inc. mengumumkan bahwa tahap persiapan pembongkaran telah dimulai.

Rencananya, lebih dari 600 modul tangga akan dipindahkan akhir bulan ini. Keputusan untuk memindahkan tangga ini telah lama tertunda dan merupakan hasil dari pertemuan dengan berbagai pihak terkait serta penemuan yang dilakukan.

Baca juga: Hawaii Akan Terapkan Pajak Iklim Rp 391.000 untuk Wisatawan

Sebab digusurnya Tangga Haiku di Hawaii

Melansir dari TravelandLeisure, Kamis (18/04/2024) Walikota Honolulu Rick Blangiardi menyatakan bahwa keputusan ini didasarkan pada rasa hormat terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar tangga Haiku serta masa depan dan sejarah budaya masyarakat setempat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Tangga yang dibangun oleh Angkatan Laut AS pada tahun 1940-an ini secara resmi telah ditutup untuk umum sejak tahun 1987. Namun, hal tersebut tidak menghentikan para wisatawan untuk menaikinya.

Pemerintah memperingatkan para pendaki bahwa tangga tersebut kini menjadi bagian dari lokasi kerja yang aktif dan dapat menimbulkan ancaman keselamatan bagi siapa pun yang masuk tanpa izin.

Baca juga: [HOAKS] Serangan Laser Penyebab Kebakaran Hutan di Hawaii

Proses pembongkaran tangga ini akan melibatkan ahli biologi untuk mengevaluasi setiap bagian sebelum dihancurkan, guna melindungi spesies asli dan mencegah erosi.

Proyek ini diperkirakan akan memakan biaya lebih dari 2,5 juta dollar AS dan berlangsung selama enam bulan.

Ilustrasi Wisatawan - Seorang wisatawan sedang berada di tempat wisata bernama Haiku Stairs di Pulau O'ahu, Hawaii, Amerika Serikat.SHUTTERSTOCK / By Allen.G Ilustrasi Wisatawan - Seorang wisatawan sedang berada di tempat wisata bernama Haiku Stairs di Pulau O'ahu, Hawaii, Amerika Serikat.

Meskipun Tangga Haiku akan hilang selamanya, pulau Oahu masih menawarkan banyak jalur pendakian menakjubkan lainnya dengan pemandangan samudra yang epik. 

Mulai dari jalur Diamond Head Summit hingga jalur Mercusuar Makapu'u Point yang tidak terlalu melelahkan, serta jalur Air Terjun Mānoa yang memukau, penggemar hiking masih memiliki banyak pilihan di pulau ini.

Baca juga: Sejarah Hawaii, dari Kudeta hingga Akuisisi Amerika Serikat

Dengan demikian, pembongkaran tangga Haiku menjadi langkah penting untuk menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan sekitar. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat