pesonadieng.com

5 Tips Ikut Open Trip ke Badui Dalam, Siapkan Fisik

Potret Kompas.com bersama peserta open trip Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024).
Lihat Foto

BANTEN, - Bila ingin mencari suasana baru untuk merehatkan pikiran dan pandangan sejenak, ikut open trip wisata ke kawasan Badui Dalam atau Baduy Dalam menarik untuk dicoba.

Sebagaimana yang diketahui, Badui Dalam merupakan kawasan adat di Banten yang masih terjaga, tidak dialiri listrik, dan tidak dijangkau akses internet.

Baca juga: Open Trip ke Badui Dalam, Butuh Bujet Berapa?

Penggunaan gawai pun juga dilarang di daerah itu, tidak hanya bagi penduduk setempat, tapi juga bagi wisatawan.

Dengan demikian, tidak sedikit pula yang memilih berkunjung ke Badui Dalam untuk merasakan bagaimana kehidupan tanpa terpaan teknologi terkini.

Pada Sabtu (18/5/2024), berkesempatan ikut open trip Badui Dalam.

Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan bila baru pertama kali ikut open trip ke Badui Dalam.

Baca juga:

Tips wisata ke Badui Dalam

1. Siapkan fisik

Jalur perbukitan menuju kawasan Baduy Luar, Sabtu (18/5/2024). / Suci Wulandari Putri Jalur perbukitan menuju kawasan Baduy Luar, Sabtu (18/5/2024).

Penting untuk diingat bahwa Badui Dalam berada di pelosok hutan. Kamu perlu menapaki perbukitan dan turunan bebatuan untuk bisa sampai ke lokasi.

Maka dari itu, sebaiknya siapkan fisik yang mendukung supaya tubuh tetap fit dan kuat di perjalanan.

Disarankan untuk latihan fisik seperti olahraga beberapa hari sebelum berangkat ke Badui Dalam. Jaga makan, dan tidur yang cukup supaya tubuh bertenaga.

Baca juga: Saba Budaya Baduy Gantikan Wisata Baduy, Apakah Itu?

2. Bawa barang seperlunya

Potret Sapri, jasa porter di perjalanan menuju Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024). / Suci Wulandari Putri Potret Sapri, jasa porter di perjalanan menuju Baduy Dalam, Sabtu (18/5/2024).

Kegiatan open trip ke Baduy Dalam biasanya menghabiskan waktu selama dua hari satu malam. Disarankan untuk membawa barang seperlunya, supaya tidak repot dan tidak memberatkan isi ransel yang disandang.

Kamu cukup membawa barang, seperti pakaian ganti yang nyaman dan sandal. Khusus untuk keperluan kebersihan, seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan sampo, dilarang digunakan di Badui Dalam.

Bukan tanpa alasan, masyarakat Badui Dalam sangat menghargai alam. Oleh sebab itu, segala bentuk produk sejenis tidak boleh digunakan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang biasa dipakai oleh warga Badui Dalam.

Baca juga: Mengenal Suku Baduy yang Baju Adatnya Dipakai Presiden Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR 2021

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat