pesonadieng.com

Traveler Wajib Tahu, Ini Kelebihan E-Paspor ketimbang Paspor Biasa

Ilustrasi paspor.
Lihat Foto

- Bagi para traveler, terutama yang gemar liburan ke luar negeri, paspor merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki dan dibawa saat bepergian. 

Dokumen perjalanan yang diterbitkan pemerintah itu tidak hanya berfungsi sebagai identitas saat melakukan perjalanan internasional atau lintas negara. Tak kalah penting, paspor juga menjadi tiket utama untuk menjelajahi berbagai destinasi impian.

Seiring perkembangan teknologi yang kian maju, kini hadir inovasi terbaru dalam dunia paspor, yaitu paspor elektronik atau e-paspor.

Sebelumnya, tersedia paspor biasa yang dapat dibuat di seluruh Kantor Imigrasi Kelas 1 dan 2. Kini, tersedia paspor elektronik yang memiliki sejumlah keunggulan ketimbang paspor biasa.

Baca juga: Biar Enggak Terjebak Latte Factor, Hindari 4 Kebiasaan Ini agar Keuangan Tidak Jebol

Apa saja keunggulan paspor elektronik? Berikut adalah ulasannya.

1.   Keamanan data tingkat tinggi

Salah satu keunggulan utama e-paspor adalah tingkat keamanan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan paspor konvensional.

Untuk diketahui, e-paspor dilengkapi dengan cip elektronik yang menyimpan data biometrik pemiliknya, seperti sidik jari dan foto digital. Data biometrik ini membuat e-paspor lebih sulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan.

Dalam cip tersebut, informasi pemilik paspor dienkripsi dengan teknologi canggih yang memastikan data pribadi tetap aman dari pencurian identitas.

Baca juga: 63 Persen Gen Z Sebut Lebih Penting Bawa Smartphone Ketimbang Dompet, Berikut Alasannya

Selain itu, fitur keamanan lain, seperti hologram dan watermark, juga ditingkatkan pada e-paspor. Dengan lapisan keamanan berlapis, traveler dapat merasa lebih tenang saat membawa dokumen ini, terutama saat berada di negara-negara dengan risiko keamanan yang lebih tinggi.

Penggunaan e-paspor juga membantu pihak imigrasi dalam mendeteksi paspor palsu sehingga mengurangi risiko penipuan. Dengan begitu, e-paspor dapat memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

2.   Proses imigrasi lebih cepat

Kelebihan lain yang sangat dirasakan setiap pengguna e-paspor adalah proses imigrasi yang lebih cepat dan efisien. E-paspor memungkinkan traveler menggunakan jalur otomatis di pintu imigrasi yang disebut e-gate.

Dengan e-gate, antrean panjang di imigrasi dapat diminimalisasi karena proses verifikasi dilakukan secara otomatis melalui pemindaian cip elektronik di paspor.

Baca juga: Lancar Beraktivitas di Tengah Panas Ekstrem, Siapkan Benda Ini!

Proses tersebut tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi stres dan kelelahan setelah perjalanan jauh. Bagi traveler yang sering transit atau berpindah negara dalam waktu singkat, e-paspor dapat membantu mempercepat proses imigrasi dan memberikan lebih banyak waktu untuk menikmati perjalanan.

3.   Bebas visa ke Jepang

Salah satu daya tarik utama bagi traveler Indonesia untuk beralih ke e-paspor adalah kebijakan bebas visa ke Jepang.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia, Jepang memberikan kemudahan bebas visa bagi pemegang e-paspor. Ini artinya, traveler tidak perlu lagi mengurus visa Jepang yang memerlukan waktu dan biaya tambahan.

Kebijakan bebas visa tersebut memungkinkan traveler untuk merencanakan perjalanan ke Jepang tanpa perlu khawatir tentang proses administrasi yang rumit. Mereka hanya perlu memastikan e-paspor masih berlaku dan bisa langsung menikmati keindahan Negeri Sakura.

Baca juga: Gratis! Nonton Final Euro 2024 Langsung di Olympiastadion Berlin, Cek Caranya

4.   Cara bayar fleksibel

Kemudahan lainnya yang ditawarkan ialah fleksibilitas dalam cara pembayaran saat pengajuan dan perpanjangan.

Untuk diketahui, proses pengajuan paspor sudah dapat dilakukan secara online. Metode pembayaran yang tersedia pun beragam, mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran melalui e-wallet.

Terlebih, dengan kehadiran e-wallet, traveler dapat melakukan pembayaran paspor secara lebih mudah. Cukup menggunakan smartphone, traveler makin gampang bertransaksi tanpa perlu ke luar rumah untuk melakukan pembayaran.

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.

Baca juga: 3 Warna dan Makna Paspor Indonesia yang Menarik untuk Diketahui

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.
Dok. DANA Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.

Adapun cara pembayaran paspor melalui aplikasi DANA cukup mudah. Berikut adalah caranya.

  • Buka aplikasi DANA
  • Kemudian, pilih menu “Lihat Semua” pada halaman utama
  • Scroll ke bawah laman “Lihat Semua”, lalu klik “Penerimaan Negara” pada bagian Layanan Pemerintah
  • Selanjutnya, masukkan kode billing. Pastikan jumlah tagihan sesuai
  • Masukkan PIN konfirmasi pembayaran
  • Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor
  • Itulah cara pembayaran paspor lewat DANA. Berkat kemudahan tersebut, kamu kini tak perlu repot ke luar untuk melakukan berbagai pembayaran.

Selain layanan di atas, kamu juga dapat melakukan pembayaran tagihan lainnya dengan mudah melalui DANA, mulai dari air, e-Samsat, internet dan TV kabel, iuran pemeliharaan lingkungan (IPL), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), hingga Surat Berharga Negara (SBN).

Baca juga: Daftar Negara yang Pernah Ganti Warna Paspor, Mana Saja?

Tunggu apa lagi? Segera unduh dan pakai aplikasi DANA sekarang sekarang juga.

Untuk informasi mengenai fitur atau promo di DANA, silakan cek melalui Instagram @dana.id dan TikTok @dana.Indonesia.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat