pesonadieng.com

Indonesia Jadi Destinasi Wisata Ramah Muslim Terbaik 2024

Pemandangan Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Selasa (29/11/2022).
Lihat Foto

– Indonesia sukses meraih predikat sebagai "Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024" dalam Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) yang berlangsung di Singapura, Kamis (30/5/2024).

Ini jadi prestasi kedua yang diraih Indonesia. Sebelumnya, Indonesia meraih prestasi itu pada tahun 2023.

Dilansir dari rilis resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (1/6/2024), Indonesia terus melakukan perbaikan setelah ditetapkan sebagai destinasi ramah muslim terbaik pada 2023.

Baca juga: Jepang Bidik Potensi Wisata Halal dan Ramah Muslim

Perbaikan itu meliputi peningkatan layanan bagi wisatawan muslim, mempromosikan layanan pariwisata ramah muslim, mendorong masa tinggal pengunjung yang lebih lama, dan meningkatkan belanja wisatawan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh (@kompascom)

Tahun 2024, dilakukan peningkatan beberapa program, seperti sertifikasi halal untuk bisnis dan UMKM, Santri Digitalpreneur, e-katalog Masjid Agung Indonesia, global hub of modest fashion, hingga kolaborasi bilateral dengan Arab Saudi.

Potensi wisatawan musim di seluruh dunia

Adapun penghargaan Destinasi Wisata Ramah Muslim Terbaik 2024 ini diterima oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga: 3 Pasar Utama Wisata Ramah Muslim Indonesia, Ada Eropa

Menurut dia, wisata ramah muslim merupakan peluang dan potensi industri halal untuk terus berkembang karena populasi umat Islam dunia yang terus tumbuh.

Payung di Masjid Agung Jawa Tengah yang sedang Dibuka./ANGGARA WIKAN PRASETYA Payung di Masjid Agung Jawa Tengah yang sedang Dibuka.

“Populasi muslim global mencapai dua miliar atau sekitar 25 persen dari populasi dunia pada 2022," kata Sandiaga dalam rilis.

Ia melanjutkan bahwa menurut laporan Global Muslim Travel Index 2023, diperkirakan akan meningkat mencapai 2,3 miliar atau sekitar 27 persen dari populasi dunia pada 2030.

Baca juga: 10 Tempat Makan Ramah Muslim di Bali, Harga Menu Halal Mulai Rp 12.000

Dengan begitu, diharapkan capaian dan upaya yang dilakukan Indonesia ini bisa mewujudkan  capaian target 17 juta kunjungan turis asing dan 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2024. 

Selain itu, diharapkan juga mampu membuka lebih banyak lapangan kerja yang salah satunya bertumpu pada pariwisata halal.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat