pesonadieng.com

Ada Lomba Makan Otak-otak pada Festival Pasir Padi Pangkalpinang 2024

Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang, Bangka Belitung
Lihat Foto

BANGKA, - Lomba makan otak-otak bakal memeriahkan acara Festival Pasir Padi di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 9-10 Juni 2024.

Panitia pun telah melakukan simulasi untuk menakar jumlah otak-otak yang bakal dikonsumsi peserta.

"Pada Festival kali ini kita mengangkat salah satu kuliner khas daerah, yakni otak-otak dalam bentuk lomba makan," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Pangkalpinang, Elita pada awak media, Kamis (6/6/2024).

Baca juga: Tradisi Mendirikan Telur Akan Digelar Lagi di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang

Sebagaimana diketahui, otak-otak merupakan makanan berbahan dasar ikan dan tepung yang dibentuk bulat atau sebesar ibu jari.

Elita menuturkan, otak-otak yang akan dilombakan terdiri dari banyak jenis. Antara lain ada otak-otak daun dan otak-otak rebus.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Jumlah otak-otak dalam setiap hidangan awalnya 25. Kemudian, diturunkan lagi menjadi 20. Akhirnya setelah simulasi pada sejumlah pegawai, disepakati sebanyak 15 otak-otak yang harus dihabiskan dalam waktu tertentu.

"Kita lihat dan pelajari juga kemampuan untuk menghabiskan otak-otak. Supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan nantinya," ujar Elita.

Baca juga: Libur Lebaran di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Pengunjung Bernostalgia

Total peserta ditargetkan sebanyak 400 orang yang bakal dibagi dalam beberapa sesi. Menurut Elita, otak-otak selain menjadi makanan khas daerah, juga mendapat perhatian dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan untuk selalu dipromosikan.

"Pariwisata tak bisa dilepaskan dari kulinernya. Kita punya yang khas otak-otak dan tentunya banyak lagi yang lainnya," beber Elita.

Ilustrasi otak-otak ikan. Dok. Shutterstock/NilaSito Ilustrasi otak-otak ikan.

Peserta yang berminat bisa menghubungi kantor Dinas Pariwisata Pangkalpinang saat jam kantor.

Festival Pasir Padi yang kelima kalinya dipusatkan di Pantai Pasir Padi. Pantai yang berjarak sekitar 15 menit perjalanan menggunakan minibus dari Bandara Depati Amir memiliki sejumlah fasilitas pendukung seperti gedung serbaguna, restoran dan hotel.

Baca juga: Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang Kian Bersolek, Ada Area Lesehan

Selain lomba otak-otak, juga digelar tradisi mendirikan telur dengan partisipasi masyarakat, pertunjukan barongsai, lomba perahu, telur hias seroja serta pertunjukan musik.

Rangkaian promosi pariwisata daerah itu sekaligus simbol persatuan dan keberagaman etnis di Bangka Belitung.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat