pesonadieng.com

Komodo Travel Mart di Labuan Bajo Resmi Digelar, Ajang Promosi UMKM dan Wisata NTT

Wisatawan sedang bersantai di tepi Pulau Kelor, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Lihat Foto

LABUAN BAJO - Komodo Travel Mart (KTM) edisi V di Golo Mori Cenvention Center (GMCC), Labuan Bajo, telah dimulai Kamis (6/6/2024). Kegiatan itu berlangsung selama 4 hari dari 6-hingga 9 Juni 2024.

Forum yang mempromosikan pariwisata se-Nusa Tenggara Timur ini mempertemukan 121 pembeli dan 62 penjual industri pariwisata yang menargetkan potensial transaksi sebesar 30 miliar rupiah dan menarik minat investasi ke Labuan Bajo dan NTT.

Kegiatan ini sekaligus menegaskan bahwa Labuan Bajo sangat layak untuk dikunjungi dan menjadi top of mind dari kegiatan MICE di Indonesia maupun secara global.

Baca juga: Desa Seribu Air Terjun Labuan Bajo, Masuk 500 Besar ADWI 2024

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Kemenparekraf dan Pemerintah Daerah akan selalu mendukung penuh pengembangan pariwisata di Labuan Bajo Flores dan NTT.

Hal ini terbukti dari berbagai program peningkatan SDM, pembangunan dan penataan infrastruktur pariwisata serta berbagai event yang diarahkan untuk diselenggarakan di Labuan Bajo Flores.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Beberapa di antaranya adalah Asean Summit yang juga secara tidak langsung menjadi ajang promosi Labuan Bajo di mata dunia.

"Tahun ini kita harus sepakat untuk meningkatkan lebih dari 500.000 kunjungan dibanding tahun lalu dan tahun ini kunjungan diharapkan dapat naik lebih dari 60 persen,” ungkap Angela di Labuan Bajo, Kamis (6/6/2024) malam.

Ia menegaskan, penyelenggaraan travel mart seperti gelaran Komodo Travel Mart V sangat potensial guna mendukung visi Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas dan gerbang menuju destinasi lainnya di NTT.

Baca juga: Pemerintah Upayakan 3 Penerbangan Langsung dari Luar Negeri ke Labuan Bajo

Forum-forum serupa hadir sebagai event strategis untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan mendorong meningkatnya investasi pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Sementara, Plt. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Fransiskus Xaverius Teguh, mengatakan, kegiatan ini merupakan gagasan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo dan NTT.

Foto : Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT./Nansianus Taris Foto : Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Harapannya dengan potensi yang dimiliki seperti budaya, wild life, taman nasional, dan berbagai destinasi lainnya, dapat mendorong pergerakan wisatawan di Labuan Bajo Flores menjadi lebih luas dan tersebar ke seluruh daratan NTT,” Kata Frans.

Frans berharap penyelenggaraan Komodo Travel Mart V tahun ini dapat meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan ekonomi berkelanjutan dan dapat mendorong wisatawan untuk mengunjungi daerah-daerah lainnya di Flores dan wilayah NTT pada umumnya.

Baca juga: Dua Perusahaan Swasta Akan Gantikan PT Flobamor di TN Komodo

Sebagai info, Komodo Travel Mart merupakan salah satu kegiatan promosi para pelaku pariwisata NTT dan semua pelaku usaha, termasuk jasa, akomodasi, hotel atau resort, travel agent (tour operator), penjual suvenir, serta pengelola destinasi wisata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat