pesonadieng.com

Inovasi Kabin Pesawat Masa Depan Menurut Crystal Cabin Awards 2024, Penuh Ide Brilian

Ilustrasi kabin pesawat.
Lihat Foto

- Crystal Cabin Awards 2024 telah mengungkapkan inovasi-inovasi terkini dalam interior kabin pesawat yang menghadirkan masa depan penerbangan yang menarik. 

Penghargaan bergengsi ini menyoroti berbagai konsep revolusioner, dari kabin ekonomi hingga area kesehatan, yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman penumpang dalam penerbangan jarak jauh.

Melansir dari CNN Travel, Jumat (7/06/2024) Salah satu inovasi yang menarik adalah konsep Fly-Buddy Hub dari Ameco yang memungkinkan deretan penumpang duduk berseberangan di kabin ekonomi. 

Baca juga: Hujan Misterius Terjadi di Dalam Kabin Pesawat JetBlue A320

Konsep ini dijelaskan sebagai "pusat sosial serbaguna" yang memungkinkan enam penumpang untuk duduk saling berhadapan, ideal untuk perjalanan kelompok keluarga dan bisnis. 

Ide ini muncul dari kebutuhan akan area sosial di kabin ekonomi yang selama ini lebih banyak terdapat di kelas atas.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Penghargaan tahun ini juga menyoroti Diehl Aviation untuk Zona Kesejahteraannya, sebuah desain yang dikembangkan bersama Qantas untuk proyek penerbangan jarak jauh "Project Sunrise". 

Desain ini menawarkan ruang lapang di antara kabin ekonomi premium dan ekonomi A350, sehingga memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi penumpang.

Baca juga: 4 Tips Memilih Koper untuk di Kabin Pesawat, Cari yang Cerah

Itu karena penumpang bisa meregangkan kaki, menikmati makanan ringan, dan beraktivitas sambil melintasi zona waktu selama penerbangan yang panjang.

Inovasi kabin pesawat untuk kesehatan dan keselamatan

Selain itu, Crystal Cabin Awards juga memberikan penghargaan untuk inovasi dalam kategori "kesehatan dan keselamatan".

Accenture GmbH meraih penghargaan untuk "Accenture PED safety bag" yang dirancang untuk mengatasi kekhawatiran seputar kebakaran baterai lithium di pesawat. 

Tas ini mampu menahan api hingga enam jam jika perangkat pribadi terbakar, memberikan perlindungan tambahan bagi penumpang.

Kabin pesawat Airbus A220-300./Isna Rifka Sri Rahayu Kabin pesawat Airbus A220-300.

Sementara itu, dalam upaya untuk mendorong keberlanjutan, penghargaan "kategori kabin berkelanjutan" tahun ini diberikan kepada Diehl Aviation untuk "ECO Sidewall" mereka - sebuah bentuk yang lebih ramah lingkungan pada dinding pesawat. 

Selain itu, R Sphere dari RECARO Aircraft Seating juga meraih penghargaan dalam kategori ini dengan konsep kursi pesawat yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti jaring ikan dan kaktus yang didaur ulang.

Tidak hanya itu, Crystal Cabin Awards juga memberikan penghargaan untuk inovasi pesawat generasi berikutnya dari berbagai universitas. 

Baca juga: Koper Listrik Dilarang Dibawa ke Kabin Pesawat, Bagaimana Aturannya?

Universitas Tongji di Shanghai meraih penghargaan untuk kursi "Flexifold" yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dengan konsep kursi ekonomi yang mudah disesuaikan. 

Sedangkan University of Sao Paulo di Brasil meraih nominasi dengan desain perangkat peredam bising di pesawat yang menggunakan kecerdasan buatan dan kamera di dalam pesawat untuk mengarahkan gelombang suara ke kepala penumpang.

Dengan adanya inovasi-inovasi revolusioner ini, Crystal Cabin Awards 2024 membuktikan bahwa industri penerbangan terus berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penumpang. 

Para pemenang Crystal Cabin Awards tahun ini

  1. Konsep Kabin Pemenang: Factorydesign, Coop. BermudAir "Suite Kelas Lorong BermudAir"
  2. Pemenang Material dan Komponen: Collins Aerospace "STARLight"
  3. Sistem Kabin Pemenang: Kabin Safran "theCUBE"
  4. Pemenang Kesehatan & Keselamatan: Accenture GmbH "Tas pengaman Accenture PED"
  5. Pemenang Kenyamanan Penumpang: Diehl Aviation, Coop. Qantas Airways Ltd "Zona Kesejahteraan"
  6. Pemenang IFEC dan Layanan Digital: Thales Avionics "FlytEdge"
  7. Pemenang Kabin Berkelanjutan: Diehl Aviation "ECO Sidewall"
  8. Pemenang Universitas: Universitas Tongji, Coop. Dupont "Flexifold"

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat