pesonadieng.com

9 Tempat di Dunia yang Ramah bagi Pejalan Kaki

Ilustrasi pasangan berjalan kaki di Korea Selatan.
Lihat Foto

- Berjalan-jalan di lingkungan baru di kota baru adalah pengalaman yang menyenangkan. 

Namun, kebijakan yang berpusat pada mobil selama beberapa dekade berarti banyak kota di seluruh dunia tidak memiliki banyak jalan yang ramah bagi pejalan kaki. 

Melansir CNN Travel, Selasa (11/6/2024) Menurut studi baru yang disebut "The ABC of Mobility", semakin besar dan kaya sebuah kota, semakin kecil kemungkinannya untuk dapat dilalui dengan mudah oleh pejalan kaki.

Baca juga: Roma Akan Bangun Jalur Ramah Pejalan Kaki di Sekitar Area Bersejarah

1. Pelabuhan Quelimane, Mozambik

Dalam penelitian ini, Pelabuhan Quelimane di Mozambik menjadi kota yang paling ramah bagi pejalan kaki dari 794 kota yang di survei. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Meskipun memiliki populasi 350.000 orang, kota ini menawarkan pengalaman jalan kaki yang menarik dengan beragam toko, bar, tempat makan, dan ruang publik yang menarik.

2. Kota-kota di Belanda

Di Belanda, terdapat beberapa destinasi yang ramah bagi pejalan kaki. Utrecht dengan kanal-kanal yang dipenuhi pepohonan menawarkan pengalaman jalan kaki yang tenang, sementara Den Haag dengan kemegahan monumentalnya juga merupakan alternatif yang menarik.

3. Kota-kota di Spanyol dan Alpen Tyrol

Di Spanyol utara, Bilbao terkenal dengan Museum Guggenheim yang dirancang oleh Frank Gehry, sementara León memiliki reruntuhan Romawi dan katedral Gotik. 

Tampilan udara kota Barcelona, Spanyol. Kota ini sukses menerapkan konsep compact city yang disebut superblock. Setiap superblock memiliki fasilitas publik dan area hijaunya masing-masingShutterstock Tampilan udara kota Barcelona, Spanyol. Kota ini sukses menerapkan konsep compact city yang disebut superblock. Setiap superblock memiliki fasilitas publik dan area hijaunya masing-masing

Di Alpen Tyrol, Bolzano menawarkan kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan Ötzi si Manusia Es di museum arkeologi, sementara Innsbruck memiliki kegiatan ski dan pendakian gunung berkelas dunia.

Berjalan-jalan di Alam Liar

Selain berjalan-jalan di lingkungan perkotaan, menjelajahi alam liar juga dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Wyoming, Amerika Serikat

Seorang veteran AS memiliki pengalaman unik ketika bertemu dengan beruang grizzly di alam liar Wyoming.

Baca juga: Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Meskipun hanya berharap untuk memotret burung hantu, dia berhasil selamat dari situasi yang menegangkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat