pesonadieng.com

4 Rekomendasi Spot Diving di Pulau Kaledupa Wakatobi

Spot Coral Garden di Pulau Kaledupa, Wakatobi.
Lihat Foto

- Pulau Kaledupa merupakan salah satu pulau di kawasan Wakatobi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Posisinya bersebelahan langsung dengan Pulau Wangi-Wangi.

Wisata alam yang ada di Pulau Kaledupa pun tidak kalah menarik. Selain punya pemandangan pantai yang indah, biota lautnya pun menakjubkan.

Bahkan, di salah satu spot diving di Pulau Kaledupa menjadi rumah bagi salah satu ikon pariwisata Wakatobi, yaitu kuda laut mini atau Pygmy Seahorse.

Baca juga: 4 Situs di Pulau Wangi-wangi di Wakatobi, Ada Mercusuar Kuno

Spot diving di Pulau Kaledupa Wakatobi

Jika tertarik melihat keindahan bawah laut di Pulau Kaledupa, berikut beberapa spot menarik yang rangkum dari buku panduan resmi wisata Wakatobi:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

1. Hoga Channel

Hoga Channel merupakan spot unggulan bagi para wisatawan yang hendak menyelam maupun para peneliti bawah laut. 

Baca juga: 4 Spot Diving di Pulau Wangi-wangi Wakatobi, Lokasinya Mudah Diakses

Spot yang terletak di alur masuk antara Pulau Hoga dan Pulau Kaledupa ini dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar lima menit dari Pulau Hoga menggunakan kapal. 

Dua buah kapal di Pulau Hoga, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/10/2012)./Indra Akuntono Dua buah kapal di Pulau Hoga, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/10/2012).

Daya tarik utama dari spot ini adalah keberadaan ratusan ikan barakuda yang berenang di kedalaman 10 sampai 20 meter.

Spot ini memiliki kontur yang bervariasi, mulai dari slope, step slop, hingga wall. Di samping itu, terdapat berbagai jenis karang, ada karang keras dan karang lunak yang berwarna-warni.

Baca juga: Waktu yang Tepat Berkunjung ke Wakatobi, Awas Cuaca Buruk

Selain ikan barakuda, ada pula kerapu, pari, hingga penyu hijau. Melihat kedalaman dan kondisi arus yang cukup kuat, disarankan spot ini hanya diselami oleh para penyelam berlisensi.

2. Coral Garden

Seperti namanya, spot ini ditumbuhi terumbu karang berwarna warni. Terletak di utara Pulau Hoga, lokasinya bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari dermaga Pulau Hoga.

Keindahan bawah laut spot Coral Garden di Pulau Kaledupa, Wakatobi.Dokumentasi Wakatobi Tourism. Keindahan bawah laut spot Coral Garden di Pulau Kaledupa, Wakatobi.

Coral Garden merupakan salah satu spot dengan kerapatan dan jenis karang yang tinggi. Konturnya lumayan landai, jadi memungkinkan diselami oleh wisatawan yang  ingin menikmati keindahan bawah laut meskipun hanya dengan snorkeling saat kondisi arus tenang. 

Spot ini terkenal karena keindahan dan kerapatan karang lunak yang berwarna-warni di tepi tubir, dengan kedalaman sekitar dua hingga empat meter. 

Baca juga: 4 Atraksi Budaya di Pulau Wangi-wangi Wakatobi, Ada Tradisi Cari Jodoh

Di sini penyelam dapat bertemu dengan berbagai jenis ikan, seperti penyu hijau, kerapu, barakuda, ikan badut, pari, serta berbagai objek makro seperti Nudibranch dan Cuttle Fish.

3. Outer Pinnacle

Outer Pinnacle merupakan bukit bawah laut yang terletak di utara Pulau Hoga. Spot ini dapat dijangkau dengan menggunakan kapal selama 15 menit dari dermaga Pulau Hoga. 

Outer Pinnacle di Pulau Kaledupa, Wakatobi.Dokumentasi Wakatobi Tourism. Outer Pinnacle di Pulau Kaledupa, Wakatobi.

Tipikal karang  di spot ini berbentuk bukit, jadi ideal untuk tempat hidup berbagai jenis karang kipas dan karang lunak lainnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat