pesonadieng.com

Tak Sekadar Dokumen Perjalanan, Ini 5 Negara dengan Desain Paspor Terunik

Paspor Finlandia memiliki fitur yang menggemaskan, yakni animasi flipbook. Ketika halaman-halaman paspor ini dibuka dengan cepat, ilustrasi rusa kutub yang berada di sudut halaman-halaman paspor akan tampak seperti bergerak.
Lihat Foto

- Bagi para traveler, paspor adalah dokumen penting untuk menjelajah berbagai negara di penjuru dunia. Dokumen kecil ini memungkinkan kita melewati perbatasan, mengeksplorasi budaya baru, dan menciptakan kenangan di negara-negara asing.

Namun, tahukah kamu kalau desain paspor tiap negara berbeda-beda? Beberapa negara memanfaatkan dokumen ini untuk menonjolkan keunikan dan kekayaan budaya mereka.

Dari desain artistik hingga fitur-fitur teknologi canggih, paspor-paspor tersebut tidak hanya berfungsi sebagai dokumen perjalanan ke luar negeri, tetapi juga sebagai karya seni dan inovasi.

Berikut adalah lima negara dengan desain paspor unik.

Baca juga: Traveler Wajib Tahu, Ini Kelebihan E-Paspor ketimbang Paspor Biasa

1. Norwegia

Paspor Norwegia adalah salah satu yang paling artistik di dunia. Setiap halaman menampilkan pemandangan alam Norwegia yang luar biasa, seperti fjord atau teluk ngarai dan pegunungan.

Namun, elemen yang membuatnya benar-benar unik adalah efek ultraviolet (UV) tersembunyi di setiap halaman. Ketika diterangi dengan sinar UV, pemandangan ini berubah menjadi panorama malam hari dengan tampilan aurora borealis yang memukau.

Paspor Norwegia tidak hanya estetis, tetapi juga menjadi sarana untuk mempromosikan keindahan alam Norwegia.

2. Finlandia

Paspor Finlandia memiliki fitur yang menggemaskan, yakni animasi flipbook. Ketika halaman-halaman paspor ini dibuka dengan cepat, ilustrasi rusa kutub yang berada di sudut halaman-halaman paspor akan tampak seperti bergerak.

Baca juga: Biar Enggak Terjebak Latte Factor, Hindari 4 Kebiasaan Ini agar Keuangan Tidak Jebol

Desain unik tersebut memberikan sentuhan yang menyenangkan karena mencerminkan kehidupan satwa liar khas Finlandia.

Bagi warga Finlandia, paspor bukan hanya dokumen perjalanan resmi, melainkan juga hiburan kecil yang menyenangkan bagi pemegangnya.

3. Australia

Paspor Australia menampilkan gambar-gambar yang mencerminkan warisan alam dan budaya Negeri Kanguru.

Di halaman dalam paspor tersebut terdapat ilustrasi flora dan fauna khas Australia, seperti kanguru, koala, dan Great Barrier Reef.

Baca juga: 63 Persen Gen Z Sebut Lebih Penting Bawa Smartphone Ketimbang Dompet, Berikut Alasannya

Menariknya lagi, ketika paspor disorot dengan sinar UV, gambar-gambar fauna tersebut muncul dalam warna-warni neon yang mengesankan. Hal ini menciptakan efek visual yang unik dan menakjubkan.

4. Jepang

Tak kalah menarik, paspor Jepang juga menampilkan desain yang elegan dengan simbol-simbol tradisional Jepang, seperti bunga sakura dan Gunung Fuji.

Warna-warna yang digunakan dalam paspor tersebut terbilang mencolok sehingga mencuri perhatian, seperti merah tua dan emas. Kedua warna ini dipilih bukan tanpa alasan. Pasalnya, merah tua dan emas mencerminkan estetika Jepang yang sederhana, tapi mendalam.

Selain itu, teknologi keamanan tinggi memastikan bahwa paspor Jepang aman dari pemalsuan tanpa mengorbankan keindahan visual.

Baca juga: Lancar Beraktivitas di Tengah Panas Ekstrem, Siapkan Benda Ini!

5. Indonesia

Paspor Indonesia juga tidak kalah menarik dengan desain apik sarat makna budaya Nusantara. Sampul paspor ini dihiasi dengan motif batik yang khas, mencerminkan warisan budaya Indonesia yang kaya.

Di dalam paspor Indonesia, terdapat gambar-gambar ikon nasional, seperti Candi Borobudur dan komodo. Dua ikon ini menunjukkan keanekaragaman budaya dan alam Indonesia.

Tidak hanya berfungsi sebagai dokumen perjalanan, paspor bersampul hijau toska itu juga sebagai simbol kebanggaan masyarakat di Tanah Air saat bertandang ke mancanegara.

Menariknya lagi, paspor Indonesia kini tersedia dalam dua varian, yakni konvensional dan elektronik atau e-paspor.

Baca juga: Gratis! Nonton Final Euro 2024 Langsung di Olympiastadion Berlin, Cek Caranya

E-paspor sendiri memiliki sejumlah kelebihan ketimbang paspor biasa. Selain keamanan data tingkat tinggi, proses imigrasi lebih cepat, dan bebas visa ke Jepang, e-paspor menghadirkan fleksibilitas dalam cara pembayaran, baik saat pengajuan maupun perpanjangan.

Meski begitu, pengajuan e-paspor dan paspor biasa sudah dapat dilakukan secara online. Metode pembayaran yang tersedia pun beragam, mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran melalui e-wallet.

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.
Dok. DANA Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran yang disediakan platform dompet digital DANA. Aplikasi e-wallet ini menawarkan sejumlah kelebihan yang memudahkan kamu untuk bertransaksi secara digital.

Adapun cara pembayaran e-paspor melalui aplikasi DANA cukup mudah. Berikut adalah caranya.

  • Buka aplikasi DANA
  • Kemudian, pilih menu “Lihat Semua” pada halaman utama
  • Scroll ke bawah laman “Lihat Semua”, lalu klik “Penerimaan Negara” pada bagian Layanan Pemerintah
  • Selanjutnya, masukkan kode billing. Pastikan jumlah tagihan sesuai
  • Masukkan PIN konfirmasi pembayaran
  • Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor
  • Selain layanan di atas, kamu juga dapat melakukan pembayaran tagihan lain dengan mudah melalui DANA, mulai dari air, e-Samsat, internet dan TV kabel, iuran pemeliharaan lingkungan (IPL), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), hingga Surat Berharga Negara (SBN).

Tunggu apa lagi? Segera unduh dan pakai aplikasi DANA sekarang sekarang juga.

Untuk informasi mengenai fitur atau promo di DANA, silakan cek Instagram @dana.id dan TikTok @dana.Indonesia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat