pesonadieng.com

Masjid Raya Bandung: Lokasi dan Fasilitas

Masjid Raya Bandung
Lihat Foto

BANDUNG, - Masjid Raya Bandung termasuk tempat ibadah yang bisa dikunjungi ketika berada di Bandung. Lokasinya terbilang di tengah kota, tepatnya di Jalan Dalem Kaum Nomor 14, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat ibadah ini berada di area yang sama dengan Alun-alun Bandung. Jika mengunjungi masjid ini, alun-alun tersebut tepat berada di depannya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Alun-alun Bandung, Bisa Jalan Kaki

Luas keseluruhan masjid ini sekitar 23.448 meter persegi dengan daya tampung jemaah mencapai 12.412 orang, dikutip dari laman Dunia Masjid Islamic Center, Jumat (15/6/2024)

Masjid Raya Bandung terbuka 24 jam bagi siapa pun yang ingin beribadah. Jemaah yang ingin mengunjungi masjid saat malam hari bisa langsung datang karena terdapat penjaga.

Berikut sejumlah fasilitas yang ada di Masjid Raya Bandung:

Baca juga: 6 Tips Sebelum Berkunjung ke Alun-alun Bandung, Bawa Alas

Fasilitas Masjid Raya Bandung

1. Tempat wudu

Tempat wudhu pintu kiri (Plaza Parahyangan) di Masjid Raya BandungDok./Zeta Zahid Yassa Tempat wudhu pintu kiri (Plaza Parahyangan) di Masjid Raya Bandung

Tempat wudu yang disediakan oleh Masjid Raya Bandung terbilang cukup besar. Terdapat masing-masing dua tempat wudu bagi perempuan dan laki-laki.

Tempat wudu tersebut berada di sisi pintu kanan serta kiri bangunan masjid. Pengunjung yang hendak beribadah atau ingin ke kamar mandi bisa lewat samping masjid untuk masuk lebih dekat.

Tempat wudu pintu kiri terletak di Jalan Dalem Kaum atau berdekatan dengan mall Plaza Parahyangan, sedangkan pintu kanan terletak di Jalan Asia Afrika atau bersebrangan dengan Pos Indonesia.

Baca juga: 4 Kegiatan Menarik di Alun-alun Bandung, Baca Buku di Perpustakaan

2. Tempat peminjaman mukena

Tempat ibadah bagi perempuan dan lokasi peminjaman mukena di Masjid Raya BandungDok./Zeta Zahid Yassa Tempat ibadah bagi perempuan dan lokasi peminjaman mukena di Masjid Raya Bandung

Bagi perempuan yang ingin melakukan ibadah tetapi tidak membawa mukena, di Masjid Raya Bandung telah tersedia tempat peminjaman mukena.

Jangan lupa untuk mengembalikan mukena dengan baik sehabis menggunakannya.

Baca juga: Pengalaman ke Alun-alun Bandung, Jangan Datang Siang

3. Ruang ibadah

Ruang ibadah utama bagi laki-laki di Masjid Raya BandungDok./Zeta Zahid Yassa Ruang ibadah utama bagi laki-laki di Masjid Raya Bandung

Tentu saja hal yang paling utama dari sebuah masjid adalah ruang ibadah. Masjid Raya Bandung yang begitu luas memiliki beberapa ruang atau tempat untuk para jemaah beribadah.

Ruang utama dari masjid terletak paling depan, biasa diisi jika shalat berjamaah.

Selain ruang utama yang berlokasi di paling depan, jemaah yang ingin shalat juga bisa melakukan ibadah di tempat-tempat sekitar masjid. Semua area bersih jadi bisa dipakai untuk shalat.

Baca juga: Alun-alun Bandung : Lokasi, Fasilitas dan Jam buka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat