pesonadieng.com

4 Wisata Religi di Sidoarjo Jawa Timur, Ada Masjid sejak 1859

Masjid Agung Sidoarjo di Jawa Timur.
Lihat Foto

 - Sidoarjo, kota yang terkenal dengan lumpur Lapindo-nya, menyimpan pesona lain yang tak kalah menarik, yaitu wisata religi.

Bagi para peziarah dan pencari ketenangan jiwa, Sidoarjo menawarkan berbagai destinasi religi untuk rombongan besar.

Di tempat-tempat bersejarah ini, kamu dapat mengenang kisah para leluhur dan tokoh agama, serta merasakan suasana spiritual yang menyejukkan jiwa. Berikut empat wisata religi di Sidoarjo yang wajib dikunjungi.

Baca juga:

1. Masjid Agung Sidoarjo

Berdiri kokoh sejak tahun 1859, Masjid Agung Sidoarjo menjadi saksi bisu perjalanan sejarah dan budaya kota Sidoarjo. Dibangun atas prakarsa bupati pertama Sidoarjo, masjid ini menjadi simbol ketaatan dan keimanan masyarakat.

Kemegahan arsitekturnya yang memadukan gaya Jawa dan Eropa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di sini, pengunjung dapat merasakan atmosfer spiritual yang khusyuk dan menenangkan jiwa.

2. Makam Aulia Ulama Sono

Di Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, terdapat kompleks Makam Aulia Ulama Sono yang menjadi tempat peristirahatan terakhir para ulama dan tokoh agama terkemuka.

Di sini, pengunjung dapat memanjatkan doa dan mengenang jasa-jasa mereka dalam menyebarkan agama Islam di Sidoarjo.

Keindahan taman dan pendopo megah di sekitar makam menambah suasana sakral dan menenangkan.

3. Makam Dewi Sekar Dadu

Terletak di Desa Kepetingan, Buduran, Makam Dewi Sekar Dadu menyimpan legenda putri raja yang penuh misteri.

Di sini, pengunjung dapat berziarah dan mempelajari kisah hidup Dewi Sekar Dadu yang konon memiliki kekuatan supranatural. Suasana perdesaan yang asri dan panorama alam yang indah menjadi daya tarik tambahan bagi para pengunjung.

4. Makam KH Ali Mas'ud

Di Desa Pagerwojo, Buduran, terdapat Makam KH Ali Mas'ud atau Mbah Ud, seorang ulama karismatik yang terkenal dengan keunikan, kearifan, dan keteladanannya.

Di sini, pengunjung dapat berziarah dan mempelajari kisah hidup beliau yang penuh inspirasi. Keindahan taman dan arsitektur masjid di sekitar makam menambah suasana sakral dan menenangkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat