pesonadieng.com

Tiket Pesawat Masih Mahal, Sandiaga Sebut Tambahan Penerbangan Belum Tuntas

Ilustrasi pesawat.
Lihat Foto

- Tiket pesawat rute domestik terpantau masih mahal, menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa saat ini penambahan penerbangan rute domestik masih belum tuntas.

"Atas komunikasi bersama Pak Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), memang rencana penambahan jumlah pesawat baru pertengahan tahun. Sebagian sudah ditambah itu justru di Indonesia bagian timur, kata Sandiaga di gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Namun hingga saat ini, lanjutnya, penambahan jumlah penerbangan secara keseluruhan belum tuntas. Meskipun harga tiket pesawat terpantau mahal, Sandi menilai mahalnya harga tiket saat ini tidak menurunkan minat masyarakat untuk berwisata.

Ia mencontohkan penerbangan ke Bali. Terpantau jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Bali lewat jalur udara naik sekitar 10 persen. Namun, jumlah penerbangan ke Bali justru menurun sekitar 20 persen.

Baca juga:

Dampak Rupiah Melemah pada Pariwisata Indonesia, Tiket Pesawat Mahal

10 Tips Tidur Nyaman di Pesawat, Tetap Pakai Sabuk Pengaman

"Load factor-nya (muatan penumpang) meningkat dan harga tiket yang mahal ini belum menurunkan minat orang berwisata," katanya.
Walaupun demikian, Sandi mengatakan keluhan mengenai mahalnya harga tiket pesawat sangat didengar dan terus diupayakan agar segera ada tindak lanjutnya.

Sebelumnya, diberitakan (25/3/2024) rencana penambahan jumlah pesawat ke Indonesia bagian timur sudah mulai digarap dan akan beroperasi pada April 2024.

Jumlah penumpang pesawat yang terbang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, pada moment libur Natal dan Tahun Baru 2024 hingga saat ini telah mencapai 63.038 orang.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Jumlah penumpang pesawat yang terbang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, pada moment libur Natal dan Tahun Baru 2024 hingga saat ini telah mencapai 63.038 orang.

"Sudah diumumkan kemarin (jadwal penerbangan tambahan) dari TransNusa. Tepatnya dari Bali-Manado, Manado-Sorong, Manado-Ambon," kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2024).

Berdasarkan keterangan dari Kemenparekraf, Sabtu (23/3/2024), TransNusa akan membuka beberapa rute baru ke Indonesia Timur yaitu ke Manado, Sorong, Ambon, dan Timika.

Baca juga: Apakah Turbulensi Pesawat Bisa Dideteksi? Ini Kata Pengamat

"Semua rute baru ke timur Indonesia akan tersedia dengan harga mulai dari Rp 999.000 saja untuk sekali jalan, memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk mengeksplorasi keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh Indonesia Timur," Group Chief Executive Officer TransNusa, Datuk Bernard Francis, dilaporkan oleh , Sabtu (23/3/2024).

Berikut rincian rute TransNusa ke Indonesia bagian timur:

Rute TransNusa Denpasar-Manado mulai Selasa (2/4/2024) dengan penerbangan sebanyak tiga kali sepekan.

Rute TransNusa Manado-Sorong dan Manado-Ambon mulai Jumat (5/4/2024) dan akan beroperasi setiap hari.

Rute TransNusa Ambon-Sorong dan Sorong-Timika akan beroperasi setiap hari mulai Kamis (18/4/2024).

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat