pesonadieng.com

Berkunjung ke Masjid Raya Bandung, Ibadah Sekaligus Wisata

Masjid Raya Bandung yang bisa menjadi salah satu wisata religi di Bandung
Lihat Foto

BANDUNG, - Masjid Raya Bandung termasuk tempat ibadah yang lokasinya strategis. Jaraknya sekitar 2,8 kilometer dari Stasiun Bandung, dan letaknya dekat Alun-alun Bandung. 

Pada Jumat (14/6/2024), saya mengunjungi masjid tersebut usai salat jumat. Suasana pada siang itu terasa sejuk dan tenteram. 

Meskipun sinar matahari masuk ke dalam bangunan masjid, utamanya dari celah-celah serambi, tapi suasana hari itu tidak terasa panas sama sekali. 

Baca juga: Masjid Raya Bandung: Lokasi dan Fasilitas

Selasar Masjid Raya Bandung yang digunakan untuk istirahat oleh masyarakat Dok./Zeta Zahid Yassa Selasar Masjid Raya Bandung yang digunakan untuk istirahat oleh masyarakat

Salah satu nilai tambah dari masjid ini adalah fasilitasnya yang lengkap, mulai dari tempat wudu yang terpisah, ruang ibadah, tempat peminjaman mukena, loker, aula serbaguna, hingga area parkir basement

Ruang utama untuk beribadah di masjid ini dilengkapi sajadah, baik di area shalat laki-laki maupun perempuan. 

Sajadah memang tidak tersedia di area luar ruang utama, tapi area tersebut masih bisa dipakai untuk shalat karena lantai masjid sangat bersih.

Baca juga:

Ibadah sekaligus wisata

Masjid Raya Bandung di Alun-alun BandungDok./Zeta Zahid Yassa Masjid Raya Bandung di Alun-alun Bandung

Selesai beribadah di masjid tersebut, saya pun menyambangi Alun-alun Bandung yang letaknya persis di depan masjid.

Hamparan rerumputan sintetis dengan gradasi hijau di alun-alun, berpadu dengan corak dinding bangunan masjid, menghasilkan panorama tersendiri. 

Di sekitarnya, saya bisa menjumpai aneka jajanan kaki lima untuk mengisi perut, sebut saja roti bakar, sosis bakar, cuanki, dan beragam minuman. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bandung yang Dilewati Bandros, Ada Gedung Sate

Tak hanya alun-alun, di sekitar masjid juga menjadi tempat pemberhentian bus wisata Bandros atau Bandung Tour on Bus sehingga pas bila ada wisatawan yang mau lanjut melancong. 

Selain itu, Masjid Raya Bandung juga dekat dengan area wisata lainnya, seperti Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, dan pusat perbelanjaan The Kings’s.

Masjid Raya Bandung beralamat di Jalan Dalem Kaum Nomor 14, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat