pesonadieng.com

Taman Lalu Lintas Bandung: Sejarah dan Perkembangannya

Taman Lalu Lintas
Lihat Foto

BANDUNG, - Taman Lalu Lintas Bandung dikenal pula sebagai Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Di balik konsepnya yang ceria dan edukatif, ternyata taman di Kota Bandung ini sudah berusia hampir tujuh abad.

Taman ini didirikan sekitar tahun 1950-an oleh Kepala Polisi Lalu Lintas dan Ketua Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL) cabang Bandung saat itu, H. Nazaruddin SH.

Baca juga: Taman Lalu Lintas: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Awalnya taman ini dikenal sebagai Taman Nusantara, tapi lalu ditambahkan "Ade Irma Suryani Nasution" guna mengenang anak Jenderal A.H. Nasution yang menjadi korban peristiwa G30S tahun 1965. 

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Bandung, Jumat (21/6/2024), taman ini berawal dari lahan terbuka bernama Insulindepar yang dulunya pusat komando pertahanan Hindia Belanda.

Letaknya di depan Gedung Paleis Legercommandant atau Istana Panglima Pasukan, yang saat ini menjadi Gedung Markas Komando Daerah Militer II/Siliwangi.

Mulanya lahan tersebut dijadikan tempat latihan baris-berbaris serdadu Belanda. Namun, setelah dibangun lapangan baru yang saat ini menjadi Stadion Siliwangi, tempat tersebut ditinggalkan dan kemudian dijadikan taman.

Baca juga:

Suasana para pengunjung yang sedang piknik di Taman Lalu Lintas pada hari Kamis (20/6/2024)Dok./Zeta Zahid Yassa Suasana para pengunjung yang sedang piknik di Taman Lalu Lintas pada hari Kamis (20/6/2024)

Lahan seluas kira-kira 45.000 meter persegi itu pun siap digarap menjadi taman baru pada tahun 1955. 

Salah satu dasar pembangunan taman ini adalah kurangnya edukasi ilmu perlalulintasan pada anak-anak di Bandung pada masa itu. 

Dikutip dari Antara, taman ini sempat ditutup untuk perbaikan, lalu dibuka kembali tahun 2022 dengan wajah baru. 

Baca juga: 5 Tempat Lihat Hewan di Bandung untuk Wisata Anak

Sesuai namanya, di dalam taman terdapat miniatur moda transportasi seperti, sedan, jip, truk, bus, dan kereta api yang dapat dikendalikan oleh anak-anak. Tujuannya untuk melatih dan mendidik mereka agar menjadi pengguna jalan yang baik.

Selama bertahun-tahun, Taman Lalu Lintas terus menambah wahana pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan tata tertib berlalu lintas.

Bahkan, saat ini ada pesawat tempur F-5 Tiger milik TNI Angkatan Udara (AU). Letaknya di sudut sebelah barat pintu masuk taman di Jalan Belitung.

Taman Lalu Lintas beralamat di Jalan Belitung Nomor 1, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat