pesonadieng.com

5 Kota di Dunia yang Tidak Ramah Pejalan Kaki, Ada dari Asia Tenggara

Alasan jalan kaki jadi olahraga terbaik.
Lihat Foto

- Berjalan kaki merupakan salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan dan juga ramah lingkungan. Namun, tidak semua kota di dunia ini ramah bagi pejalan kaki.

Data ini memberi peringkat pada 53 lokasi berdasarkan seberapa baik lokasi tersebut untuk bebas dari kendaraan bermotor. 

Faktor-faktor seperti akses ke layanan kesehatan dan pendidikan, jalur pejalan kaki, jalur sepeda, transportasi umum, curah hujan, dan keamanan menjadi pertimbangan dalam menentukan kota-kota yang paling tidak bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Baca juga: Pejalan Kaki Akan Jadi Kasta Tertinggi di IKN

Berikut adalah daftar kota-kota yang paling tidak bisa dilalui dengan berjalan kaki, menurut laman Compare The Market, Rabu (19/6/2024)

1. Johannesburg, Afrika Selatan

Johannesburg di Afrika Selatan menduduki peringkat teratas sebagai kota yang paling tidak bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Kota Johannesburg, Afrika Selatanhttps://www.shutterstock.com Kota Johannesburg, Afrika Selatan

Dengan reputasinya sebagai kota yang berbahaya untuk berjalan kaki, Johannesburg memiliki skor keamanan terburuk.

Baca juga: Video Ledakan Misterius di Johannesburg, Mobil Beterbangan, 1 Orang Tewas

Bahkan, hanya 8 persen penduduknya yang tinggal dalam jarak 1 km dari kawasan bebas kendaraan bermotor.

2. Patras, Yunani

Eropa ternyata juga punya kota yang kurang ramah pejalan kaki. Patras di Yunani merupakan kota kedua yang paling tidak bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Baca juga: Athena, Dewi Perang Yunani

Kota ini tidak memiliki jalur pejalan kaki sama sekali dan memiliki curah hujan rata-rata yang tinggi setiap bulannya.

3. Dallas, Texas, Amerika Serikat

Dallas adalah kota yang paling tidak bisa dilalui dengan berjalan kaki di Amerika Serikat. Hanya 10 persen penduduknya yang tinggal dalam jarak satu kilometer dari layanan pendidikan dan kesehatan.

Polisi melakukan pengamanan di lokasi penembakan di pusat Kota Dallas, Kamis 7 Juli 2016 waktu setempat.  NBC DFW Polisi melakukan pengamanan di lokasi penembakan di pusat Kota Dallas, Kamis 7 Juli 2016 waktu setempat.

Selain itu, hanya 13 persen penduduk yang tinggal dalam jarak satu kilometer dari area bebas mobil.

4. Houston, Texas, AS

Houston di Amerika Serikat juga termasuk dalam daftar kota yang tidak ramah bagi pejalan kaki.

Petugas darurat melakukan evakuasi dalam konser Travis Scott bertajuk Festival Astroworld di Houston, Texas, AS, Jumat (5/11/2021). Beberapa orang tewas dan banyak terluka dalam apa yang digambarkan oleh para petugas sebagai gelombang kerumunan di konser.KTRK via AP PHOTO Petugas darurat melakukan evakuasi dalam konser Travis Scott bertajuk Festival Astroworld di Houston, Texas, AS, Jumat (5/11/2021). Beberapa orang tewas dan banyak terluka dalam apa yang digambarkan oleh para petugas sebagai gelombang kerumunan di konser.

Kota ini memiliki skor terendah untuk akses ke layanan kesehatan dan pendidikan dengan berjalan kaki, serta curah hujan rata-rata yang tinggi setiap bulannya.

5. Manila, Filipina

Manila merupakan salah satu kota yang paling tidak nyaman untuk berjalan kaki. Kota ini memiliki sedikit jalur pejalan kaki dan jalur sepeda, serta skor terendah untuk transportasi umum dan curah hujan tertinggi.

Kota Manila, Filipina, terlihat diselimuti kabut asap dari Gunung Taal pada 22 September 2023. AFP/JAM STA ROSA Kota Manila, Filipina, terlihat diselimuti kabut asap dari Gunung Taal pada 22 September 2023.

Selain kelima kota di atas, terdapat juga beberapa kota lainnya yang termasuk dalam daftar kota-kota yang paling tidak nyaman untuk berjalan kaki, antara lain Bangkok, Mumbai, Cape Town, Quito, dan Chicago.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat