pesonadieng.com

5 Wisata Air Terjun di Lumajang, Cocok untuk Healing Sejenak

Air Terjun Tumpak Sewu di Perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur.
Lihat Foto

- Terletak di Jawa Timur, Lumajang menawarkan pesona alam yang luar biasa, termasuk air terjun yang mempesona. Bagi para pecinta wisata alam dan petualangan, Lumajang menjadi destinasi yang tepat untuk menjelajahi keindahan air terjun yang tersembunyi.

Paragraf ini akan membawa Anda dalam perjalanan untuk menemukan 5 air terjun terbaik di Lumajang, Jawa Timur.

Siapkan diri Anda untuk terpesona oleh panorama alam yang menakjubkan, kesegaran air pegunungan yang jernih, dan suasana yang tenang dan damai.

Baca juga:

Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.KOMPAS.COM/Dok. Titin Riadi Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Kabupaten Lumajang di Jawa Timur memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini terkenal karena keindahannya yang luar biasa. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dari atas di spot panorama atau turun untuk melihat lebih dekat.

Terletak di Sudomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang untuk masuk. Ada lima spot yang bisa dieksplorasi: panorama atas, panorama bawah, Goa Bidadari, Tebing Nirwana, dan Telaga Biru atau Goa Tetes.

2. Air Terjun Kapas Biru

Terletak di Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Air Terjun Kapas Biru adalah salah satu destinasi alam yang memukau.

Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang dan tarif parkir motor Rp 5.000 serta mobil Rp 10.000, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang menakjubkan.

Pronojiwo memang dikenal sebagai surga air terjun karena banyaknya air terjun indah di daerah ini, termasuk Air Terjun Tumpak Sewu dan Kapas Biru.

3. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi, yang terletak di Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, buka dari pukul 07.00-17.30 WIB. Terletak di ketinggian sekitar 1.229 meter di atas permukaan laut, air terjun ini sering menampakkan pelangi, yang menjadi alasan namanya.

Dengan ketinggian mencapai 100 meter, Kabut Pelangi menawarkan keindahan alam yang eksotik dan menawan, menjadikannya salah satu destinasi wisata hidden gem di Lumajang.

4. Air Terjun Antrukan Trap Sewu

Air Terjun Antrukan Trap Sewu berada di Jalan Trap Sewu, Randuagung, Bodang, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Buka dari pukul 07.00-17.00 WIB, air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang rimbun.

Dengan biaya parkir hanya Rp 5.000, pengunjung bisa menikmati pemandangan eksotis dari atas tebing yang sudah dilengkapi dengan tangga setapak. Tempat ini juga memiliki kolam alami di bawah air terjun yang menambah pesona alamnya.

5. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis terletak di Ngambon, Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi yang dipenuhi berbagai tanaman.

Meskipun kolam alami di sekitarnya cukup dangkal, pengunjung dapat menikmati trekking menyusuri jalur anak tangga tanah yang tertata rapi untuk mencapai air terjun.

Beragam aktivitas seperti bermain air, berswafoto, trekking, dan wisata edukasi untuk anak-anak dapat dilakukan di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat