pesonadieng.com

Kapan Waktu yang Tepat ke Belitung Timur?

Geosite Open Pit Nam Salu
Lihat Foto

- Wilayah Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, punya daya tarik wisata yang beragam. Tidak hanya pesona baharinya, Belitung Timur juga punya wisata museum dan galeri maritim.

"Kita (Belitung Timur) merupakan salah satu UNESCO Global Geopark,  punya Museum Geologi, ada pula galeri maritim yang cuma ada empat di Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung Timur, Hendri saat temui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Baca juga:

Tidak hanya itu, lanjut Hendri, di Belitung Timur juga terdapat Gunung Lumut, perbukitan yang ditumbuhi lumut.

Saat ini, lanjut dia, terdapat dua Gunung Lumut di Indonesia yakni di Belitung Timur dan di Pulau Kalimantan.

Melihat beragam daya tarik yang ditawarkan membuat Belitung Timur menarik dijadikan destinasi liburan. Asalkan,  kamu tahu kapan waktu yang tepat berkunjung ke Belitung Timur. 

Baca juga:

Kapan waktu yang tepat berwisata ke Belitung Timur?

Ilustrasi Pantai Serdang di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.Dok. Wikimedia Commons/Raflinoer32 Ilustrasi Pantai Serdang di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Hendri, wisatawan yang hendak melancong ke Belitung Timur sebaiknya menentukan jenis wisata apa yang ingin disambangi.

Bagi wisatawan yang belum pernah menginjakkan kaki di Belitung Timur, Hendri menyarankan untuk memilih wisata bahari.

"Kami merekomendasikan wisata bawah laut di Belitung Timur, bisa snorkeling, jarak tempuhnya sekitar 45 menit dari daratan," ucapnya.

 

Khusus yang datang untuk tujuan wisata bahari, Hendri menyarankan datang ke Belitung Timur sekitar pertengahan Maret sampai pertengahan April. Alasannya, pada periode tersebut cuaca bagus dan mendukung untuk aktivitas snorkeling.

Selain itu, Hendri juga merekomendasikan wisatawan datang ke Belitung Timur sekitar pertengahan September sampai Oktober.

"Kalau mau wisata umum (selain wisata bahari), bisa datang asal jangan saat musim hujan saja. Biasanya musim hujan berlangsung pada bulan ber-ber (jelang akhir tahun)," katanya.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat