pesonadieng.com

Visa Kunjungan Jangka Pendek di Kepulauan Riau akan Terbit Juli 2024

Monumen Welcome to Batam
Lihat Foto

Short Visa atau visa kunjungan jangka pendek untuk wisatawan mancanegara (wisman) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan diumumkan pada Juli 2024.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kemarin sudah kami lakukan harmonisasi dan sudah kita paraf, jadi dokumen ini sudah final, kita harapkan bulan ini bisa diterbitkan," kata Sandi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Baca juga: Update Visa on Arrival di Kepri: Masuk Tahap Finalisasi

Lebih lanjut disampaikan bahwa Kepri dan Batam saat ini belum bisa memenuhi target dari kunjungan wisatawan.

Maka dari itu, tambahnya, diharapkan visa kunjungan jangka pendek bisa jadi hadiah pada paruh kedua tahun 2024.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Menambahkan dari siaran resmi Kemenparekraf, Menparekraf berharap Provinsi Kepri mampu menyumbang 25 persen dari total target kunjungan wisman ke Indonesia pada 2024.

"Outlook nya untuk target tahun 2024-2025 jumlah kunjungan naik mencapai 25 persen atau 3 juta kunjungan (ke Kepri) dari total target 14-16 juta jumlah kunjungan wisman," kata Sandi saat Diskusi Kadin Batam di Montigo Resort, Batam, Kepri, Selasa (2/1/2023.

Baca juga: Gagasan Overseas Citizenship Indonesia: Visa Seumur Hidup bagi Diaspora

Kunjungan turis asing ke Kepri

Ia optimistis angka tersebut bisa tercapai, karena pada tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri hampir menembus angka 3 juta kunjungan.

Pulau Bintan di Kepri menyuguhkan panorama laut biru berair jernih dengan batuan granit. Deretan pohon kelapa jadi suguhan pemandangan yang apik. Dok. Indonesia Travel Pulau Bintan di Kepri menyuguhkan panorama laut biru berair jernih dengan batuan granit. Deretan pohon kelapa jadi suguhan pemandangan yang apik.

Ini juga didukung dengan grafik kunjungan wisman tahun 2023 mengalami peningkatan hingga mencapai 1,5 juta kunjungan dibanding tahun 2022 yang sebanyak 785 ribu kunjungan.

Sementara itu dilansir dari data Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah kunjungan wisman ke Provinsi Kepri pada periode Januari sampai April 2024 mencapai sekitar 480.225 kunjungan.

Baca juga: 5.000 Turis Asing Disebut Kunjungi Bintan Saat Libur Imlek 2024

"Pariwisata di Kepri ini punya potensi besar untuk mendongkrak kunjungan wisman Indonesia 2024, termasuk sektor ekonomi kreatifnya yang mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat," kata Sandi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat