pesonadieng.com

Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Selama duduk di dalam pesawat, Anda bisa melakukan beberapa latihan kaki untuk melancarkan peredaran darah.
Lihat Foto

- Ketika Anda merencanakan perjalanan udara, memilih kursi yang tepat dapat membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, terutama jika Anda rentan terhadap mabuk perjalanan. 

Meskipun kursi kelas satu mungkin terlihat menarik, namun bagi yang mudah mual, kursi ekonomi bisa menjadi pilihan yang lebih bijaksana.

Ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih kursi pesawat apabila Anda gampang mual, mengutip dari Thesun dan CNTraveler, Senin (23/04/2024):

Baca juga: Ditanya soal Iuran Pariwisata via Tiket Pesawat, Kemenhub: Kami Fokus Atur TBA dan TBB

1. Hindari Kursi di Bagian Belakang Pesawat

Menurut pakar penerbangan, sebaiknya hindari memilih kursi di bagian belakang pesawat jika Anda mudah merasa mual. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Hal ini dikarenakan turbulensi cenderung lebih sering terjadi di bagian tersebut. Dengan menghindari tempat duduk di bagian belakang, pengalaman tidak menyenangkan akibat getaran yang lebih kuat dapat dikurangi.

2. Pilih Tempat Duduk di Tengah Kabin

Untuk perjalanan yang lebih nyaman, sebaiknya pilih tempat duduk di tengah kabin, dekat dengan sayap pesawat.

Baca juga: Sandiaga Bantah Iuran Pariwisata Akan Dibebankan ke Tiket Pesawat

Selain itu, memilih tempat duduk di lorong juga disarankan guna mencegah rasa claustrophobia (fobia tempat sempit) dan memudahkan mobilitas di dalam pesawat. 

Penggunaan ventilasi udara di atas tempat duduk, ternyata juga dapat menurunkan risiko mabuk udara.

3. Gunakan Sistem Hiburan sebagai Distraksi

Bagi penumpang yang mengalami mual dan claustrophobia, disarankan untuk menggunakan sistem hiburan dalam pesawat sebagai distraksi.

Ilustrasi penumpang Hainan Airlines memakai kacamata pintar alias AR dari Rokid.DigitalTrends Ilustrasi penumpang Hainan Airlines memakai kacamata pintar alias AR dari Rokid.

Jika menonton TV memperparah rasa mual, tersedia berbagai macam acara audio yang lebih cocok untuk didengarkan.

4. Tips dari ahli kesehatan

Danielle Qing, spesialis penyakit dalam di Mount Sinai, memberikan tips berguna bagi penumpang yang merasa mual di pesawat.

Baca juga: Wacana Iuran Pariwisata Melalui Tiket Penerbangan, Akankah Tarif Pesawat Akan Naik?

Ia menyarankan agar penumpang tetap duduk untuk menjaga pusat gravitasi tetap rendah, yang dapat membantu mengurangi rasa pusing.

Menghindari melihat layar dan mencoba untuk tidur juga disarankan. Salah satu caranya adalah mengonsumsi obat anti-mabuk yang menyebabkan kantuk.

5. Makanan hambar dan Diet BRAT

Qing juga menyarankan untuk makan sedikit makanan hambar guna mengurangi rasa mual. Dalam beberapa kasus, makanan dapat membantu meredakan mual.

Makan pisang setiap hari bisa menyehatkan jantung.SHUTTERSTOCK/Yane Ruiz Makan pisang setiap hari bisa menyehatkan jantung.

Jika mengalami muntah atau diare, diet BRAT (pisang, nasi, saus apel, roti panggang) disarankan untuk membantu meredakan gejala tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat