pesonadieng.com

Balikpapan Bisa Jadi Pendukung IKN Nusantara untuk Sektor MICE

Angin sepoi-sepoi dan gemerlap lampu kota dari rooftop menambah syahdu suasana pesta ulang tahun. Letak Swiss-Belinn Balikpapan yang berada di tengah kota menjadi nilai tambah sehingga mudah dijangkau oleh tamu-tamu.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ibu Kota Nusantara (IKN) disiapkan menjadi pusat pemerintahan Indonesia baru menggantikan Jakarta.

Pembangunan rumah dinas hingga hotel-hotel sudah dimulai di IKN. Begitu juga dengan perpindahan bertahap.

Baca juga: Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Terkait sektor MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions), Balikpapan di Kalimantan Timur disebut lebih siap dan bisa menjadi pendukung IKN.

"Secara infrastruktur, Balikpapan lebih siap ya. Posisi ke bandara lebih dekat, penerbangan semuanya sudah ke sana. Lebih siap sebagai pendukung IKN," kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani saat ditemui  usai acara diskusi di Deal with Ascott, Jumat (26/4/2024).

Baca juga:

Diskusi bertajuk The Future of MICE, After IKN dalam Deal with Ascott di Vertu Harmoni Jakarta pada Jumat (26/4/2024)./Krisda Tiofani Diskusi bertajuk The Future of MICE, After IKN dalam Deal with Ascott di Vertu Harmoni Jakarta pada Jumat (26/4/2024).

Menurutnya, masih butuh waktu lama untuk mengembangkan infrastruktur di IKN sebagai destinasi MICE.

Lama pengembangannya juga belum bisa dipastikan. Yang jelas, menurutnya, tidak bisa selesai dalam waktu dekat.

"Kalau bicara MICE, hotel, maka yang jadi pendukung IKN tetap Balikpapan karena semuanya sudah ada, termasuk penduduknya," ucap dia.

Peningkatan kegiatan MICE di Balikpapan bisa dilihat dari okupansi hotel-hotel di kota ini yang mencapai 80 persen sejak pembangunan IKN.

"Orang lebih memilih stay di Balikpapan, mondar-mandir di titik nol, ketimbang stay di sana (IKN)," ungkap Haryadi.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat