pesonadieng.com

Jakarta Tourist Pass Dirilis Juni 2024, Bisa Naik Kendaraan Umum Gratis

Ilustrasi penumpang MRT Jakarta
Lihat Foto

JAKARTA, - Kartu uang elektronik (KUE) khusus wisatawan, Jakarta Tourist Pass akan diluncurkan pada Juni 2024 mendatang.

Seperti namanya, kartu ini ditujukan khusus untuk wisatawan yang berkunjung ke Jakarta bersama agen travel ASTINDO. Pengguna kartu ini nantinya bisa naik transportasi umum yang terintegrasi di Jakarta secara gratis, serta mendapatkan dikson saat berbelanja.

Baca juga: Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

"Sampai saat ini kartu tersebut belum bisa diakses, tapi nanti Juni 2024 target kami sudah bisa (dipakai oleh wisatawan)" kata Ketua Bidang Tour Inbound & Domestic Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Heben Ezer saat ditemui di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2024).

Heben melanjutkan, pengadaan Jakarta Tourist Pass merupakan kerja sama antara ASTINDO bersama Bank DKI dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).

Sistemnya, setiap agen travel yang tergabung ke dalam ASTINDO membawa wisatawan datang ke Jakarta, masing-masing wisatawan tersebut nantinya akan diberi satu kartu Jakarta Tourist Pass secara gratis oleh ASTINDO.

Kata Heben, cara kerjanya mirip dengan kartu uang elektronik pada umumnya. Bedanya, pengguna kartu tersebut bisa mendapatkan diskon jika melakukan pembayaran menggunakan Jakarta Tourist Pass di gerai atau pusat perbelanjaan tertentu.

"Misalnya wisatawan berbelanja di tempat perbelanjaan sekitar Rp 2 juta, jadi kartu tersebut bisa di-top up (isi ulang), lalu pakai kartu tersebut untuk mendapatkan diskonnya. Kalau tidak pakai Jakarta Tourist Pass, tidak akan mendapatkan diskon," jelasnya.

Tidak hanya itu, tambah Heben, Jakarta Tourist Pass juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran ketika hendak masuk bioskop dan di pusat keramaian lain di Jakarta.

Baca juga:

Chillax, tempat makan dan nongkrong baru di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. /FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Chillax, tempat makan dan nongkrong baru di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.

"Nanti bisa digunakan di Chilax, Pos Bloc, atau pusat-pusat keramaian," kata Heben.

Jadi, dengan adanya Jakarta Tourist Pass diharapkan dapat mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang ke Jakarta. Tidak hanya sekadar ikut tur, tapi juga berbelanja di Jakarta.

Baca juga: 5 Tips Nongkrong di Chillax Sudirman, Boleh Bawa Hewan Peliharaan

Sementara itu, transportasi umum terintegrasi yang bisa diakses secara gratis oleh wisatawan menggunakan Jakarta Tourist Pass yakni KRL Commuter Line, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Raya Terpadu (LRT), dan TransJakarta.

Saat ini, ucap Heben, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian melalui Dinas Pariwisata untuk mendata UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) di Jakarta yang menyediakan diskon bagi pengguna Jakarta Tourist Pass.

"Namanya Jakarta Tourist Pass, harus khusus untuk turis. Bisa juga untuk wisatawan nusantara (wisnus), asalkan dibawa oleh travel agent di bawah ASTINDO," katanya.

Bagi agen perjalanan yang tidak tergabung ke dalam ASTINDO, juga bisa membeli kartu tersebut kepada ASTINDO dan digunakan sesuai fungsinya.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat