pesonadieng.com

Sejarah Kapal Legendaris KRI Dewaruci, Dibuat di Jerman Barat

Kapal latih layar KRI Dewaruci bersandar di Markas Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022).
Lihat Foto

BELITUNG, - Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci mengawali pelayaran muhibah budaya jalur rempah 2024 dengan menyinggahi Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Kapal legendaris yang pernah menjadi kapal latih taruna Angkatan Laut itu berisi rombongan "Laskar Lempah" dari berbagai lembaga.

Rencananya, KRI Dewaruci bakal bersandar di Pelabuhan Tanjung Kluang, Kelapa Kampit selama tiga hari atau sampai Rabu (12/6/2024). Dari Belitung Timur, Dewaruci akan melanjutkan perjalanan menuju Dumai.

Baca juga: Kapal Legendaris KRI Dewaruci Berlabuh di Belitung Timur,Tapak Tilas Jalur Rempah

Sekretaris Daerah Belitung Timur Mathur mengatakan, kehadiran KRI Dewaruci bukan hanya sebuah peristiwa biasa.

Tetapi menjadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan kepada dunia kekayaan budaya, sejarah, dan potensi pariwisata yang dimiliki daerah.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh (@kompascom)

"Sebuah kehormatan bagi kami juga, karena terpilih sebagai salah satu jalur dalam program yang diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut," kata Mathur dalam pers rilis, Senin (10/6/2024).

Destinasi yang bakal dikunjungi tim muhibah antara lain Pantai Burung Mandi, lahan basah Tebat Rasau, kebun lada serta lokasi pembuatan sambal Balacan.

Sjarah KRI Dewa Ruci

Dikutip dari laman djkn.kemenkeu.go.id, KRI Dewaruci merupakan kapal pelatihan bagi taruna Akademi Militer Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut.

Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan yaitu Dewa Ruci. Kapal Dewaruci dibuat pada 1952 oleh HC Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat.

Baca juga: Legenda TNI AL KRI Dewaruci Diplomasi Rempah ke Malaysia

Pertama diluncurkan pada 24 Januari 1953, setelah itu KRI Dewaruci berpangkalan di Surabaya.

KRI Dewaruci ini memiliki Panjang 58,3 meter dan lebar 9,50 meter. Ada 3 tiang utama yaitu tiang Bima, tiang Yudhistira, dan tiang Arjuna serta memiliki 16 layar.

KRI Dewa Ruci berlabuh di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (9/6/2024)./HERU DAHNUR KRI Dewa Ruci berlabuh di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (9/6/2024).

Kapal Dewaruci ini memiliki tujuan yaitu kapal sebagai Latihan TNI Angkatan Laut, dan Diplomasi.

KRI Dewaruci telah melaksanakan dua kali pelayaran keliling dunia yaitu 1964, mengarungi 7 samudra serta 5 benua.

Pelayaran kedua dilaksanakan 48 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012. Selain itu, KRI Dewaruci ini kerap meraih berbagai prestasi bertaraf Internasional.

Baca juga: KRI Dewaruci, Legenda Indonesia yang Cuma Ada Satu di Dunia

Saat ini, kapal Dewaruci sudah tidak berlayar mengelilingi dunia dan sudah digantikan dengan kapal Bima Suci.

Kapal Bima Suci lebih besar dibandingkan dengan Kapal Dewaruci, dan memiliki mesin lebih modern.

kapal Dewaruci kini akan memasuki usia 70 tahun, kapal ini akan dijadikan sebagai Cagar Budaya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat